Sukses


Menakar Kekuatan Tampines Rovers, Calon Lawan PSM di Piala AFC 2022: 4 Pemain Asing Jadi Kunci The Stags

Bola.com, Jakarta - Tampines Rovers jadi lawan kedua PSM Makassar pada Grup H Piala AFC 2022 yang bakal berlangsung di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Senin (27/6/2022).

Kedua tim pernah bersua di ajang sama pada 2020. Saat itu, Tampines Rovers mengalahkan PSM Makassar yang ditangani Bojan Hodak dengan skor 2-1 di Stadion Jalan Besar, Singapura, 12 Februari 2020.

Berbeda dengan PSM yang ditinggal mayoritas pemain pilar plus Bojan Hodak, Tampines Rovers justru masih dihuni materi nyaris sama dengan dua tahun lalu.

Termasuk tiga pemain asing yang tampil menghadapi PSM pada 2020 yakni Kyoga Nakamura (Jepang/gelandang), Zehrudin Mehmedovic (Serbia/gelandang) dan Boris Kopitovic (Montenegro/striker).

Satu pemain asing lainnya adalah stoper asal Jepang Shuya Yamashita yang direkrut dari tim papan atas Singapura, Albirex Niigata pada 2021.

2 dari 5 halaman

Jadi Tumpuan

Dihubungi Bola.com, Kamis (23/6/2022), eks pelatih PSM Makassar, Raja Isa, menjelaskan, keempat pemain asing diatas jadi kunci kekuatan The Stags (Rusa Jantan), jukukan Tampines Rovers.

Menurut Raja Isa yang kini menangani klub Liga 1 Bangladesh, Muktijoddha Sangsad KC, pemain lokal yang dimiliki Tampines Rovers kemampuannya tak lebih baik dari PSM.

"Hampir semua pemain lokal terbaik di Singapura bermain di Lion City Sailors," ujar Raja Isa.

3 dari 5 halaman

Pelatih Potensial

Mengacu pada sejumlah pertandingan Tampines Rovers pada musim 2022, peraih trofi juara Piala Singapura 2019 ini lekat dengan formasi 4-2-3- yang merupakan kegemaran sang pelatih, Gavin Lee.

Raja Isa secara khusus memuji Gavin Lee yang masih berusia 31 tahun sebagai pelatih ideal buat Tampines.

"Gavin memiliki latar belakang sport science yang baik. Modal inilah yang membuat Gavin Lee mampu membawa Tampines Rovers tetap berada di papan atas sejak pertama kali menangani The Stags pada 2019," papar Raja Isa.

4 dari 5 halaman

Waspadai Boris Kotovic

Raja Isa menambahkan, dengan pola 4-2-3-1, Tampines Rovers dipastikan mengandalkan pemain di posisi nomor sembilan yakni Boris Kopitovic untuk menjebol gawang lawan.

Pada Liga Singapura 2022 yang tengah berjalan ini, striker berpaspor Montenegro itu menunjukkan ketajaman dengan mengemas 13 gol dalam 11 laga bersama Tampines Rovers.

Perlu juga dicatat, pria 27 tahun dengan tinggi 189 cm ini adalah pencetak satu dari gol Tampines Rovers ke gawang PSM di Piala AFC 2020.

Dimata Raja Isa, kelebihan yang menonjol pada Boris Kopitovic adalah kejeliannya mencari celah kosong di area pertahanan lawan dan tangguh dalam duel bola udara.

Apalagi, Tampines memiliki Kyoga Nakamura dan Zehrudin Mehmedovic yang bergantian melayani Boris Kopitovic dari lini kedua. Baik lewat situasi open play atau set-piece.

"Diantara dua gelandang itu, Nakamura yang lebih aktif membantu serangan," terang Raja Isa.

5 dari 5 halaman

Celah di Lini Belakang

Meski mayoritas pemain Tampines Rovers sudah lama tampil bersama, Raja Isa menilai, PSM tetap berpeluang menang. Raja Isa yang juga pernah menangani Persipura Jayapura dan Persiram Raja Ampat ini melihat ada celah kelemahan di lini belakang yang bisa dimanfaatkan oleh Juku Eja. Ia merujuk lima laga terakhir Tampines Rovers di Liga Singapura 2022.

Empat dari lima laga itu, gawang Tampines Rovers selalu kebobolan dengan total 11 gol. Mereka hanya mencatat satu clean sheet saat mengalahkan klub papan bawah, Geylang dengan skor 2-0, Sabtu (18/6/2022).

Itulah mengapa Raja Isa yakin PSM bisa mengatasi Tampines Rovers meski pada berbagai kesempatan pelatih Juku Eja, Bernardo Tavares mengatakan dirinya sedang membangun tim. Apalagi meski berstatus turnamen pra musim, Raja Isa menilai tensi dan atmosfer yang tercipta di Piala Presiden 2022 hampir sama dengan kompetisi resmi.

"Sebagai pelatih yang memiliki pengalaman di Liga Champions Asia dan Piala AFC, saya yakin Bernardo Tavares sudah menyiapkan taktik untuk membawa PSM mengalahkan Tampines Rovers," pungkas Raja Isa.

Video Populer

Foto Populer