Sukses


5 Pemain yang Mengoleksi Banyak Penampilan di Timnas Indonesia Saat Ini: Sosok Favorit Shin tae-yong

Bola.com, Jakarta - Membela Timnas Indonesia merupakan sebuah kebanggaan yang tak ternilai bagi pesepak bola nasional. Apalagi bila mendapatkan status langganan berkat penampilan terbaik.

Tak banyak pemain yang mampu konsisten mendapatkan panggilan Timnas Indonesia setiap event. Pemain yang punya banyak kesempatan membela skuad Garuda tentu seorang dengan kualitas terbaik.

Kesempatan semakin langka setelah Timnas Indonesia diasuh pelatih Shin Tae-yong. Seperti diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu lebih suka memainkan pemain muda.

Hanya sedikit pemain di atas 25 tahun yang mampu menembus skuad asuhan Shin Tae-yong. Mereka yang berusia lebih tua dan bermain untuk Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong biasanya punya kemampuan yang luar biasa.

Lantas, siapa saja pemain yang punya banyak penampilan untuk Timnas Indonesia sampai saat ini? Berikut ini daftar penghuni lima besar menurut Transfermarkt yang hanya dihitung berdasarkan duel internasional resmi.

2 dari 6 halaman

5. Pratama Arhan & Rachmat Irianto

Rachmat Irianto dan Pratama Arhan menghuni lima besar pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Timnas Indonesia. Keduanya sama-sama mengemas 20 penampilan.

Rachmat Irianto mengumpulkan jumlah penampilan tersebut sejak debut pada 3 Juni 2021. Pemain 22 tahun itu juga sukses menyumbang tiga gol untuk skuad Garuda.

Adapun Pratama Arhan memulai debut pada 29 Mei 2021. Sejauh ini, pemain 20 tahun itu juga sukses menyumbang tiga gol dan nyaris tak tergantikan di posisi bek sayap kiri.

3 dari 6 halaman

4. Asnawi Mangkualam

Masih berusia 22 tahun, namun Asnawi Mangkualam sudah mengoleksi banyak penampilan untuk Timnas Indonesia. Asnawi sejauh ini sudah mengemas 21 penampilan di skuad Merah Putih.

Jumlah itu dicatatkan Asnawi sejak debut pada 21 Maret 2017. Asnawi sering menjadi langganan di Timnas Indonesia setelah diasuh pelatih Shin Tae-yong.

Posisi di sektor bek sayap kanan pun sulit tergantikan. Penyababnya adalah performa apik yang selalu diberikan Asnawi sewaktu diberi kesempatan main.

4 dari 6 halaman

3. Irfan Jaya

Irfan Jaya sejauh ini sudah mengemas 22 penampilan untuk Timnas Indonesia. Pencapaian itu membuat Irfan Jaya menjadi pemain pengoleksi caps terbanyak ketiga dalam skuad saat ini.

Irfan Jaya mengawali debutnya pada 11 September 2018. Sejauh ini, pemain berusia 26 tahun itu sudah bermain di bawah asuhan Bima Sakti, Simon McMenemy, dan Shin Tae-yong.

Penampilan apiknya di lini sayap membuat Irfan Jaya kerap menjadi langganan di Timnas. Kepercayaan itu dibayar tuntas dengan sumbangan enam gol.

5 dari 6 halaman

2. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly menjadi pemain kedua dengan jumlah penampilan terbanyak di Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi itu sejauh ini sudah mengumpulkan 27 penampilan.

Lilipaly mengawali debutnya pada 14 Agustus 2013. Belakangan, Lilipaly mulai dipanggil lagi ke Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Lilipaly juga punya peran penting dalam membantu Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Pemain berusia 32 tahun itu kini sudah mencetak tiga gol untuk Timnas Garuda.

6 dari 6 halaman

1. Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanto menjadi pemain dengan jumlah penampilan paling banyak di Timnas Indonesia saat ini. Pemain berusia 33 tahun itu sudah mengoleksi 47 pertandingan bersama skuad Merah Putih.

Fachruddin memulai debut pada 5 Juni 2021. Sejak saat itu, Fachruddin kerap mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia.

Bersama pelatih Shin Tae-yong, Fachruddin dijadikan benteng tangguh Timnas Garuda dan tak tergantikan. Fachruddin juga dipercaya menjadi kapten Timnas Indonesia saat ini.

Video Populer

Foto Populer