Sukses


Israel Berpeluang Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Begini Kata Menpora dan Ketua PSSI

Bola.com, Jakarta - Timnas Israel U-19 berpeluang lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia kemungkinan pada Mei-Juni tahun depan.

Eropa mendapatkan jatah lima tim di Piala Dunia U-20 2023. Tiga slot telah diisi oleh Prancis, Italia, dan Inggris.

Prancis, Italia, dan Inggris melaju ke putaran final pada tahun depan lewat jalur Euro U-19 2022.

Untuk sementara, Prancis memuncaki klasemen Grup A Euro U-19 2022 dengan poin enam, sama dengan Italia di posisi kedua namun menang selisih gol.

Nilai Prancis dan Italia tidak terkejar oleh dua pesaing lainnya di Grup A Euro U-19 2022, Rumania dan Slovakia yang sama-sama masih nihil poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Peluang Israel Besar

Sementara itu, Inggris menjadi pemimpin Grup B dengan enam poin dari dua partai, unggul dua angka dari Israel di urutan kedua, satu poin dari Serbia di tangga ketiga, dan enam angka dari Austria di dasar klasemen.

Inggris sudah pasti lolos ke Piala Dunia U-20 2023 sebagai juara atau minimal runner-up Grup B karena babak penyisihan tinggal menyisakan satu pertandingan.

Inggris akan berhadapan dengan Israel dalam partai terakhir Grup B, sementara Serbia bakal melawan Austria.

Israel tinggal membutuhkan hasil imbang kontra Inggris untuk memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023.

Jika Israel mengakhiri Grup B di peringkat ketiga pun andai kalah dari Inggris dan Serbia menang besar atas Austria, armada Ofir Haim itu masih memiliki kans untuk melangkah ke Piala Dunia U-20 2023.

3 dari 5 halaman

Menpora Menjamin

Israel akan bentrok dengan posisi ketiga di Grup A Euro U-19 2022 di babak play-off untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia U-20 2023.

Lantas, bagaimana komentar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan terkait kemungkinan Israel bermain di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia?

Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Ada kekhawatiran para pemain tim berjulukan The Blue and Whites kesusahan mendapatkan visa untuk berkiprah di Piala Dunia U-20 2023.

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain," ujar Amali.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia."

"Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," imbuh Amali.

4 dari 5 halaman

Iwan Bule Sudah Rapat dengan Pemerintah

Iriawan sepemahaman dengan Amali. Ketua PSSI yang karib dipanggil Iwan Bule itu bahkan sudah membahas kemungkinan Israel berkancah di Piala Dunia U-2023 dengan pemerintah pada 2021.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada kesepakatan dengan pemerintah pada tahun lalu. Siapa pun yang datang, bisa bermain," imbuh Iriawan di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

"Ini sepak bola, jadi tidak ada masalah. Israel tetap kami akomodasi. Terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu terkait Israel seperti itu," terangnya.

5 dari 5 halaman

Pembagian Peserta per Regional

Sebanyak 24 tim bakal berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023, namun baru tiga negara yang telah mengamankan tempat di putaran final.

Pembagian kontestan per regionalnya terdiri dari lima negara Asia, empat negara Afrika, empat negara CONCACAF, empat negara CONMEBOL, dua negara Oceania, dan lima negara Eropa.

Wakil dari Asia akan ditentukan di Piala Asia U-20 2023, Afrika dari Piala Afrika U-20 2023, CONCACAF dari Piala CONCACAF U-20 2022, CONMEBOL dari Copa America U-20 2023, Oceania dari OFC U-19 2022, dan Eropa dari Euro U-19 2022.

Video Populer

Foto Populer