Sukses


Thomas Doll Curhat Panjang Lebar Setelah Persija Tersingkir dari Piala Presiden 2022

Bola.com, Samarinda - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll bercerita panjang lebar setelah timnya tersingkir dari Piala Presiden 2022.

Pertama-tama, Thomas Doll mengungkapkan bahwa Persija Jakarta masih banyak melakukan kesalahan seperti mudah kehilangan bola.

Arsitek asal Jerman itu juga menilai bahwa sejumlah pemain tim berjuluk Macan Kemayoran ini masih tidak dapat bermain selama 90 menit.

Selain itu, Persija Jakarta juga tanpa pemain asing di Piala Presiden 2022 dan  minus Syahrian Abimanyu, gelandang Timnas Indonesia.

"Ini pertandingan sesungguhnya pertama kami dalam persiapan yang panjang. Saya melihat bahwa banyak pemain tidak bisa menemukan ritme yang tepat," ujar Thomas Doll dalam konferensi pers.

"Kami banyak kehilangan bola dengan mudah. Sulit untuk memenangkan pertandingan jika Anda terlalu mudah memberikan bola kepada lawan," jelasnya.

2 dari 7 halaman

Keyakinan Thomas Doll

Persija Jakarta membagi dua skuadnya di Piala Presiden 2022. Tim pertama berisikan pemain muda yang bermain dalam laga pertama dan kedua Grup B, sementara tim kedua beranggotakan pemain senior yang berlaga pada partai ketiga dan keempat.

"Kami memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan tim demi pertandingan pertama di kompetisi. Tetapi saya pikir, kami telah selangkah lebih maju," tutur Thomas Doll.

"Beginilah situasi dalam persiapan. Terkadang pemain telat bergabung. Sebab, ketika klub telat melakukan persiapan, saat itu mereka baru mengganti pelatih."

"Saya datang ke Persija lima pekan lalu. Pemain lokal semuanya sudah berkumpul. Kami memiliki banyak pemain muda. Kami juga punya beberapa pemain berpengalalaman dan dalam usia yang baik."

"Performa para pemain akan lebih baik. Saya berbicara dengan para pemain di ruang ganti sebelum bermain. Saya bilang ke mereka bahwa mereka punya kesempatan untuk membuktikan kelayakan mendapatkan tempat di tim ini," imbuh Thomas Doll.

3 dari 7 halaman

Simpan 2 Pemain Asing dan Syahrian Abimanyu

Persija sebenarnya telah mempunyai dua pemain asing. Keduanya adalah Ondrej Kudela dan Michael Krmencik yang berasal dari Republik Ceska. Namun, keduanya tidak dibawa ke Piala Presiden 2022.

"Jadi, kami seharusnya bisa memenangkan pertandingan meskipun kami tidak mempunyai pemain asing. Para pemain saya, mereka sangat bangga dan ketika saya melihat mereka di latihan, mereka melakukannya dengan bagus. Mereka ingin berkembang," ucap Thomas Doll.

"Akan tetapi, ini adalah pertandingan pertama sesungguhnya. Saya bisa melihat bahwa sejumlah pemain belum siap bermain 90 menit. Namun, pelan-pelan, semuanya akan kembali."

"Ini adalah bentuk tanggung jawab saya untuk melindungi pemain saya seperti Abimanyu dan mengatakan bahwa saya tidak membutuhkan ia sekarang," terang arsitel asal Jerman itu.

4 dari 7 halaman

Liga 1 Jauh Lebih Penting

Thomas Doll mengatakan bahwa prioritas Persija bukan Piala Presiden 2022, melainkan Liga 1 2022/2023.

Persija terpaksa angkat koper dari Piala Presiden 2022. Macan Kemayoran selalu kalah dalam tiga partai Grup B.

Tim ibu kota juga kebobolan sembilan kali dan hanya mencetak gol dua kali.

"Sebab bagi saya, Piala Presiden atau turnamen semacam ini, mungkin penting di negara ini, tapi saya pikir dan juga banyak pelatih lain, tidak mungkin Anda bermain di tengah persiapan," ujar bekas pelatih Borussia Dortmund dan Hamburg SV ini.

5 dari 7 halaman

Bukannya Tidak Respek

"Anda berada di luar kota, berhari-hari. Anda bermain malam hari, sangat larut. Anda hanya bisa berlatih selama satu jam. Dalam satu jam, Anda tidak dapat berlatih secara normal. Karena setelah satu jam, datang tim lain untuk berlatih."

"Rasanya saya tidak ingin bermain di turnamen ini karena kami juga tidak siap dengan semua pemain. Itu sebabnya para pemain muda juga datang. Saya bukannya tidak respek dengan turnamen, melainkan saya tidak ingin mengambil sesuatu yang berisiko."

"Bagi saya, lebih penting untuk menatap tanggal pertama kompetisi. Begitulah," kata Thomas Doll.

6 dari 7 halaman

Mengubah Persija

Thomas Doll tidak ingin jatuh ke lubang yang sama seperti tahun lalu. Ketika itu, Macan Kemayoran berhasil menjuarai turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021, namun terseok-seok di Liga 1.

"Pada tahun lalu, Persija memenangkan turnamen pramusim, namun menjalani musim yang sulit. Berada di peringkat kedelapan kompetisi dan hanya terpaut sembilan poin dari degradasi," jelas Thomas Doll.

"Kami ingin mengubahnya. Kami memainkan turnamen yang tidak begitu bagus, tetapi kami memainkan kompetisi yang lebih bagus. Ini lebih penting."

"Ketika kami datang lagi ke Samarinda, saya pikir Anda akan melihat Persija yang berbeda," tutur arsitek berusia 56 tahun itu.

7 dari 7 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer