Sukses


Pernyataan Resmi PSSI Setelah Israel Lolos Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia: Siapa pun yang Lolos, Bisa Datang

Bola.com, Jakarta - PSSI merilis pernyataan resmi setelah Israel memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Sebagai federasi sepak bola di Indonesia, PSSI menegaskan pasti mengakomodasi Israel seperti halnya peserta lain.

Keberhasilan tim muda Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 memang dikhawatirkan menimbulkan polemik bagi Indonesia selaku tuan rumah. Indonesia sampai saat ini tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Bahkan Indonesia juga dikenal sebagai negara yang selalu memberikan dukungan terhadap Palestina terkait konflik berkepanjangan dengan Israel.

Namun, PSSI menegaskan bahwa urusan politik tersebut tidak akan dicampur aduk dengan sepak bola ketika Piala Dunia U-20 2023 digelar.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan kesepakatan pemerintah pada tahun lalu. Siapa pun yang lolos, bisa datang," tegas Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam keterangannya di laman resmi federasi, Senin (27/6/2022).

"Israel tetap diakomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami dalam rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," lanjut Sekjen PSSI itu.

2 dari 4 halaman

Menpora pun Sudah Menjamin

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan potensi Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 sudah dibahas sejak tiga tahun lalu. Ia juga menekankan kalau persoalan politik dan sepak bola adalah dua hal yang harus dibedakan.

"Sudah kami bahas, bahkan sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain," ujar Zainudin Amali.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan akan memberikan rasa aman, itu yang perlu diperhatikan," lanjut Menpora.

 

3 dari 4 halaman

Israel Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

Keberhasilan Israel melangkah ke Piala Dunia U-20 2023 dipastikan melalui jalur Euro U-19 2022. Israel menjadi satu di antara empat finalis di ajang tersebut.

Israel lolos ke semifinal meski dalam laga terakhir Grup B kalah dari Inggris. Mereka tetap menjadi runner-up grup karena di pertandingan lain Serbia yang memberikan ancaman justru kalah dari Austria.

Selain Israel dan Inggris, dua tim lain dari Eropa yang mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-20 2023 adalah Prancis dan Italia yang menjadi juara dan runner-up Grup B.

Satu tempat tersisa dari Eropa akan didapatkan oleh tim pemenang laga play-off antara Slovakia dan Austria.

 

 
4 dari 4 halaman

Jadwal Peserta Memastikan Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

Piala Dunia U-20 2023 akan diikuti oleh 24 tim peserta, termasuk Timnas Indonesia sebagai tuan rumah. Hingga saat ini baru empat tim semifinalis Euro U-19 2022 yang baru memastikan diri lolos.

Satu tim tambahan dari Eropa antara Slovakia dan Austria baru akan memastikan diri melangkah ke Indonesia 2023 pada Selasa (28/6/2022), berbarengan dengan empat tim asal Konfederasi CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), yang memang tengah menggelar Piala CONCACAF U-20 2022 saat ini.

Kemudian rencananya dua wakil dari Oseania akan menyusul pada Agustus 2022. Sementara empat tim dari Amerika Selatan (CONMEBOL) dan empat tim dari Afrika (CAF) baru akan bisa dipastikan pada awal 2023.

Sementara empat tim asal Asia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 belum bisa dipastikan hingga jelang turnamen di Indonesia itu berlangsung. AFC baru berencana menggelar Piala Asia U-20 2023 pada Maret 2023.

Sumber: PSSI dan sumber lain

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Ari Prayoga, published 27/6/2022)

Video Populer

Foto Populer