Sukses


Bek Naturalisasi Timnas Indonesia dan Malaysia OTW Setim! Sudah Bungkus Jordi Amat, JDT Mau Angkut Dion Cools

Bola.com, Gianyar - Johor Darul Ta'zim (JDT) belum berhenti berburu pemain Asia rasa Eropa. Setelah Jordi Amat, tim berjulukan Harimau Selatan itu mengejar Dion Cools.

Dion Cools adalah pemain naturalisasi Timnas Malaysia. Bek berusia 26 tahun itu lahir di Negeri Jiran, namun besar dan di Belgia.

Saat ini, Dion Cools masih membela klub Belgia, Zulte Waregem dengan status pinjaman dari tim Norwegia, Midtjylland.

"Kami sudah punya hubungan yang lama dengan Dion Cools," kata bos JDT, Tunku Ismail Idris dalam sesi tanya jawab dengan penggemar yang diunggah di YouTube JDTTV, Senin (27/6/2022).

2 dari 5 halaman

Masih Punya Kontrak

Dion Cools masih mempunyai kontrak dengan Midtjylland hingga Juni 2023. Tunku Ismail Idris mengatakan JDT tidak mungkin membeli pemain berpostur 185 cm itu.

"Dia ingin bermain di JDT. Situasinya, susah untuk kami mendatangkannya di bursa transfer kali ini karena perkara bujet," jelas pria yang karib dipanggil TMJ itu.

"Dia masih memiliki kontrak di klubnya. Saya kan mendatangkan dia kemungkinan pada akhir tahun ini atau tahun depan," tutur TMJ.

3 dari 5 halaman

Jordi Amat Gabung

Jika bergabung dengan JDT, Dion Cools akan berduet dengan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat.

TMJ telah memastikan bahwa bek asal Spanyol itu akan bergabung dengan tim berjuluk Harimau Selatan ini pada pertengahan Liga Super Malaysia.

"Dia akan menjadi pemain JDT. Memang betul dia punya darah Indonesia. Ini menjadi peluang JDT untuk mendapatkan pemain asal Spanyol yang begitu berpengalaman dan berkualitas," imbuh TMJ.

4 dari 5 halaman

Tunggu Paspor Indonesia

Namun, JDT masih menunggu pemerintah Indonesia untuk memberikan paspor bagi Jordi Amat sebelum memainkannya di Liga Super Malaysia.

Bersama dua pemain Eropa lainnya, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, Jordi Amat tengah mengurus proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Kami masih menunggu PSSI untuk memberikan paspor Indonesia kepada Jordi Amat," tutur TMJ.

5 dari 5 halaman

Proses Sampai Mana?

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengungkapkan bahwa proses naturalisasi ketiganya telah tuntas di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Pengajuan ketiganya lalu diteruskan ke DPR RI untuk diminta persetujuan sebelum dikembalikan ke Kemensetneg guna diterbitkan Keputusan Presiden (Keppres).

Video Populer

Foto Populer