Sukses


Ragam Kehebohan di Grup A Piala Presiden 2022: PSIS Dua Kali Pesta Gol dan Kampanye Penak Seduluran

Bola.com, Solo - Grup A Piala Presiden 2022 sudah menyelesaikan seluruh pertandingannya. Dua tim yang berhak lolos ke babak perempat final pun sudah terlihat.

PSIS Semarang menjadi juara grup. Mahesa Jenar mengumpulkan 10 poin dari empat laga. Mereka juga berstatus tak terkalahkan di sepanjang babak grup.

PSIS Semarang memang menjadi salah satu kehebohan di Grup A Piala Presiden 2022. Mereka bahkan dua kali melakukannya.

Tim asuhan Sergio Alexandre dua kali meraih kemenangan dengan skor besar. Mereka mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 6-1.

PSS Sleman pun menjadi korban selanjutnya bagi keganasan PSIS Semarang. Tim asuhan Seto Nurdiyantoro kalah dengan skor 2-5 saat berhadapan dengan PSIS.

 

2 dari 5 halaman

Tuan Rumah Tak Berdaya

Kehebohan kedua yang terjadi di Grup A Piala Presiden 2022 adalah Persis Solo yang tak berdaya. Mahesa Jenar sebenarnya cukup diunggulkan di Grup A.

Persis berstatus sebagai tuan rumah. Tim asuhan Jacksen F. Tiago juga diperkuat para pemain yang punya kualitas apik.

Namun, Persis justru tampil mengecewakan. Samsul Arif Munip mengakhiri Grup A dengan menjadi juru kunci Grup A.

Persis hanya mengumpulkan dua poin dari empat laga. Mereka juga hanya bisa mencetak dua gol yang dicetak oleh satu pemain yakni Fabiano Beltrame.

 

3 dari 5 halaman

Aksi Suporter

Satu kehebohan lain yang terjadi di Grup A adalah banyaknya suporter yang hadir di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Di grup itu memang ada tiga klub dengan basis suporter besar. Ada Persis, PSIS, dan PSS.

Ketika tiga klub itu berlaga, Manahan selalu dalam keadaan hampir penuh. Apalagi ketika mereka saling bertanding satu sama lain.

Selain itu, Persita Tangerang dan Dewa United juga tak bisa dianggap enteng. Meski jumlahnya tak sebanyak, PSIS, Persis, dan PSS, suporter dua tim asal Tangerang itu tetap terlihat datang ke Solo.

4 dari 5 halaman

Kampanye Damai

Hasil drawing Piala Presiden 2022 sangat menarik, di mana Grup A berisikan tuan rumah Persis Solo dan dua tim bertetanggaan, yakni PSS Sleman, dan PSIS Semarang. Secara historis, ketiga tim ini merupakan rival dan tak jarang mendapatkan atensi keamanan berlebih.

Namun yang terjadi di lapangan justru jauh dari kesan kacau. Suporter dari ketiga tim sudah jauh hari kompak menyuarakan pesan perdamaian. Dari situ muncul istilah penak seduluran.

Stadion Manahan yang biasanya memerah oleh lautan Pasoepati dan kelompok suporter lainnya, terbukti bisa menampilkan warna-warna lain. Hijau, biru, merah, semua tampak membaur.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ikut terbawa suasana. Sebagai orang tertinggi di provinsi tersebut, ia turut menyampaikan kampanye penak seduluran saat menghadiri car free day di Solo.

"Maka suasana persahabatan mesti betul-betul kita tunjukkan. Mari kita tunjukkan bahwa sepak bola itu menarik, damai, menghibur, dan sepak bola itu mengedukasi," ucapnya.

"Saya senang tadi di CFD, ada spanduk Persis Solo dan PSIS Semarang yang dibentangkan oleh suporter. Menurut saya itu cara-cara bagus, menyiapkan prakondisi agar semua berjalan lancar. Buat para suporter, ayo tertib saat menonton, beri semangat tim kesayangan tapi dengan damai," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup A Piala Presiden 2022

Persis Solo Vs PSS Sleman (0-0)

PSIS Semarang Vs Persita Tangerang (6-1)

Persita Tangerang Vs PSS Sleman (0-2)

Dewa United Vs PSIS Semarang (2-2)

Persita Tangerang Vs Dewa United (2-1)

Persis Solo Vs PSIS Semarang (1-2)

Dewa United Vs Persis Solo (1-1)

PSIS Semarang Vs PSS Sleman (5-2)

PSS Sleman Vs Dewa United (1-0)

Persis Solo Vs Persita Tangerang (0-1)

   Main  Menang Seri  Kalah  Nilai 
PSIS Semarang 4 3 1 0 10
PSS Sleman 4 2 1 1 7
Persita Tangerang 4 2 0 2 6
Dewa United 4 1 2 1 5
Persis Solo 4 0 2 2 2

Video Populer

Foto Populer