Sukses


Prediksi Persaingan Perempat Final Piala Presiden 2022: Seru Nih! Siapa yang Berpotensi ke Semi Final?

Bola.com, Jakarta - Turnamen pramusim Piala Presiden 2022 bakal memasuki perempat final. Sudah ada delapan tim yang akan berjuang untuk mendapatkan tiket lolos menuju semi final.

Masing-masing adalah juara Grup A-D, yakni PSIS Semarang, Borneo Samarinda, Persib Bandung, dan Arema FC. Mereka akan menghadapi runner-up Grup A-D, yaitu PSS Sleman, Barito Putera, Bhayangkara FC, dan PSM Makassar.

Piala Presiden edisi kelima ini memainkan format yang agak berbeda. Di edisi pertama pada 2016, terdapat 16 tim yang dibagi ke empat grup dengan masing-masing berisikan empat tim. Dua tim teratas langsung ke semifinal.

Edisi 2017, 2018, dan 2019 jadi perbedaan. Dengan terdapat 20 klub, mereka dibagi ke lima grup yang berisikan empat tim. Penentuan delapan tim yang ke perempat final pun diambil dari juara masing-masing grup dan tiga runner-up terbaik.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Juara Grup Jadi Tuan Rumah

Nah, kali ini kontestan Piala Presiden 2022 tetap 20. Bedanya, ada dua grup yang berisi lima tim, yakni Grup A dan Grup B, lalu dua grup lainnya dihuni empat tim. Alhasil, penghuni Grup A dan Grup B memainkan lima laga, seangkan lainnya hanya tiga laga.

Format yang sama masih berlaku di fase gugur pada edisi 2019. Perempat final akan dimainkan di homebase klub juara grup. Dengan begini, mereka mendapat keuntungan dengan dukungan suporternya di kandang sendiri, kecuali Persib yang laga nanti tidak boleh dihadiri penonton.

Duel panas diprediksi akan menghiasi persaingan babak perempat final. PSIS akan menjamu Bhayangkara FC, lalu Arema melawan Barito Putera. Sedangkan Persib menghadapi PSS, dan Borneo melawan PSM.

 

 

3 dari 5 halaman

Klub Kuda Hitam

Empat runner-up dari masing-masing grup menyandang status sebagai klub kuda hitam di babak 8 besar. Baik PSS Sleman, Barito Putera, Bhayangkara FC, dan PSM Makassar, sama-sama menunjukkan hasil yang kurang maksimal di fase grup.

PSS Sleman misalnya yang mengemas tujuh poin dari empat laga. Mereka sempat takluk 2-5 dari PSIS yang akhirnya keluar sebagai juara Grup A. PSS juga punya statistik yang tak terlalu apik, masing-masing memasukkan dan kemasukan lima gol.

Barito Putera yang bermain di Grup B juga hampir serupa. Mereka sebenarnya tidak terkalahkan dalam empat laga. Tapi, hasilnya satu menang dan tiga seri. Satu-satunya kemenangan didapat dengan skor akhir 2-0 kontra Persija Jakarta.

Bhayangkara juga mendapat hasil yang memuaskan di Grup C. Mereka membukukan empat poin saja, hasil masing-masing satu menang, seri, dan kalah. Kekalahan dari Persib membuat mereka kurang diunggulkan di perempat final.

Sedangkan PSM memiliki nasib yang sama dalam hal perolehan poin dengan Bhayangkara. Di Grup D, mereka hanya mengemas empat poin, sama dengan Persik Kediri. PSM diuntungkan oleh regulasi fairplay dengan kartu kuning yang lebih sedikit.

Tantangan empat tim ini untuk bisa berbuat banyak di fase gugur tentu tidak mudah. Secara permainan, mereka masih berusaha menemukan bentuk konsistensi.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Klub Unggulan

Para juara grup Piala Presiden 2022 diunggulkan untuk bisa melaju ke semifinal. Lihat saja PSIS Semarang yang tampil trengginas. Laskar Mahesa Jenar jadi klub paling produktif dengan mencetak 15 gol di Grup A.

Upaya manajemen klub membentuk skuat bertabur bintang membuahkan hasil yang ciamik. Kolaborasi antara Carlos Fortes dan Taisei Marukawa terbukti sulit dihentikan. Kemungkinan, penampilan apik PSIS ini masih akan berlanjut.

Performa Borneo Samarinda di Grup B juga jadi kejutan. Di bawah arahan pelatih Milomir Seslija, Pesut Etam tidak terkalahkan. Borneo mampu membukukan tiga menang dan satu seri.

Berikutnya, Persib Bandung yang bertabur bintang pun tak kalah ciamik. Mereka mampu lolos dari lubang jarum Grup C yang disebut grup neraka karena berisikan empat tim lima besar Liga 1 2021/2022. Persib juga tak terkalahkan.

Terakhir, Arema FC menjadi satu-satunya juara grup yang pernah menelan kekalahan. Itu terjadi di laga pertama dengan skor 0-1 kontra PSM. Tapi, berikutnya mereka menundukkan Persik Kediri dan Persikabo 1973 dengan skor identik 1-0.

Melihat kiprah empat juara grup ini, wajar saja kalau mereka diunggulkan. Sebab, mereka mulai menunjukkan kekompakan dan permainan yang agresif. Tinggal mereka perlu menunjukkan konsistensi di fase gugur.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Lengkap Perempat Final Piala Presiden 2022

  • Persib Bandung vs PSS Sleman (1 Juli 2022)
  • Arema FC Vs Barito Putera (2 Juli 2022)
  • PSIS Semarang Vs Bhayangkara (3 Juli 2022)
  • Borneo Samarinda vs PSM Makassar (3 Juli 2022)

Video Populer

Foto Populer