Sukses


Best XI Pemain Asing di Fase Grup Piala Presiden 2022: Ada yang Berani Tantang Mereka?

Bola.com, Jakarta - Keberadaan pemain asing di sebuah klub sepak bola merupakan hal yang lumrah. Para ekspatriat tersebut dihadirkan untuk menggenjot kualitas tim demi meraih trofi yang diidam-idamkan, termasuk di Piala Presiden 2022.

Di kompetisi Tanah Air, pemain asal Brasil masih tetap menjadi primadona. Setiap klub selalu memiliki minimal satu pemain asal Negeri Samba di skuadnya.

Sementara itu, sukses Kei Hirose saat berseragam Persela Lamongan dan Taisei Marukawa ketika memperkuat Persebaya Surabaya cukup mengubah kiblat pemain asing asal Asia.

Pemain asal Jepang berhasil menggeser kekuatan Korea Selatan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya pemain asal Jepang yang tiba ke Indonesia.

Persija Jakarta bahkan mempersilakan tiga pemain asal Negeri Matahari Terbit untuk menjalani seleksi di Piala Presiden 2022.

Melihat fenomena tersebut, Bola.com memilih 11 pemain asing yang paling moncer selama babak grup turnamen pramusim tersebut. Dengan skema 3-5-2, berikut ini daftar best XI Piala Presiden 2022 pilihan kami.

 

2 dari 6 halaman

Tembok Terakhir

Kiper Arema FC, Adilson Maringa, tak mendapat saingan sama sekali di posisi ini. Penjaga gawang asal Brasil itu merupakan satu-satunya pemain asing yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Tetapi dengan dominasi pemain lokal di pos ini, hal itu sudah membuktikan betapa spesialnya Maringa. Ia mampu menggebrak kebiasaan klub-klub Liga 1 yang memercayakan posisi kiper kepada pemain setempat.

Sejauh ini, pada perhelatan Piala Presiden 2022, ia juga bermain cukup impresif. Adilson mampu mencatatkan satu clean sheet dan baru kebobolan satu gol dalam dua laga awal.

 

3 dari 6 halaman

Pengawal Pertahanan

Kapten Borneo FC Samarinda, Javlon Guseynov, jadi nama pertama yang pantas masuk daftar ini. Dalam empat pertandingan ia sanggup membawa timnya merebut tiga clean sheet dan sekali kebobolan.

Bek Bhayangkara FC, Anderson Salles, jadi pemain selanjutnya yang berada di lini pertahanan best XI kali ini. Ketergantungan The Guardian kepadanya tak hanya saat bertahan, ia juga kerap memecah kebuntuan pada saat-saat tak terduga.

Sementara itu, nama terakhir yang layak menghuni pos di lini belakang adalah pemain debutan PSM Makassar, Yuran Fernandes. Pemain asal Cape Verde itu berhasil membentuk kemitraan solid bersama Erwin Gutawa sepanjang babak grup.

 

4 dari 6 halaman

Ruang Mesin Permainan

Duo Borneo FC Samarinda, Jonathan Buston dan Kei Hirose, menjadi dua pemain yang pantas berada di daftar ini. Permainan atraktif tim asuhan Milomir Seslija itu tak lepas dari keduanya yang berbagi peran di lapangan tengah Tim Pesut Etam.

Gelandang PSIS Semarang, Jonathan Cantillana, juga layak diapungkan di tim fantasi ini. Walaupun hanya bermain dua kali, kemampuannya dalam mencari ruang di kotak penalti terlihat dari dua gol yang diciptakan ke gawang PSS Sleman.

Untuk mengapit ketiga pemain itu, Taisei Marukawa (PSIS) dan Ciro Alves (Persib Bandung) merupakan pemain yang paling pas. Kemampuan keduanya dalam mengubah permainan kembali terlihat selama babak grup kemarin.

 

5 dari 6 halaman

Mesin Gol

Sejatinya ada banyak nama yang pantas masuk ke dalam daftar ini. Karim Rossi (Dewa United) dan Ramiro Fergonzi (Persita Tangerang) merupakan jaminan gol di masing-masing tim.

Tetapi, menilik dari daftar top skorer sementara, ada dua pemain lain yang sungguh layak melengkapi skuad ini. Keduanya yakni Rafael Silva (Barito Putera) dan Carlos Fortes (PSIS).

Dua penyerang tajam ini tengah bersaing di daftar topskorer Piala Presiden 2022. Nama terakhir unggul dengan lima gol berbanding tiga gol yang diciptakan Rafael.

Tetapi pencapaian mereka di turnamen pemanasan ini masih mungkin meningkat lantaran timnya mampu menembus perempat-final.

 

6 dari 6 halaman

Prakiraan Formasi (3-5-2):

Kiper: Adilson Maringa

Bek: Javlon Guseynov, Anderson Salles, Yuran Fernandes

Gelandang: Jonathan Buston, Kei Hirose, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa, Ciro Alves

Penyerang: Rafael Silva, Carlos Fortes

Video Populer

Foto Populer