Sukses


Shin Tae-yong Pasang Target Juara di Piala AFF U-19 tapi Membuat Pemain Timnas Indonesia U-19 Terbebani

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, kembali menegaskan gelar juara menjadi target ideal untuk timnya. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu juga enggan membebani pemainnya dengan target tersebut.

Timnas Indonesia U-19 bertindak sebagai tim tuan rumah pada Piala AFF U-19 2022. Shin Tae-yong sadar, tekanan besar akan diterima oleh timnya untuk bisa menjadi juara.

"Target saya selalu juara. Itu sangat baik dan bisa menjadi hal yang positif. Akan tetapi, ini merupakan turnamen tim usia muda," kata Shin Tae-yong di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Setiap bulan performa para pemain bisa berubah. Jadi, terlalu memberikan tekanan juga buat pemain bisa menjadi beban sehingga tidak bisa menunjukkan performa terbaik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Target juara yang dibebani pada Timnas Indonesia U-19 sebenarnya merupakan hal yang wajar. Timnas U-19 terakhir kali menjuarai Piala AFF U-19 yakni sembilan tahun yang lalu alias pada edisi 2013.

2 dari 5 halaman

Tolok Ukur

Pelatih Shin Tae-yong menyadari ekspektasi besar pada Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Namun, Shin Tae-yong menegaskan hanya menjadikan turnamen ini sebagai tolok ukur.

Tujuan utamanya adalah untuk Piala Dunia U-20 2023 yang juga digelar di Indonesia. Meski demikian, Shin Tae-yong tetap akan bertekad memberikan yang terbaik.

"Memang ini penting karena kita tuan rumah, akan tetapi memang bisa dilihat juga kalau ini salah satu uji coba untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Kami harus cari pemain terbaik untuk dimainkan di Piala Dunia U-20 tahun depan," ucap Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Buta Kekuatan

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menyambut antusias Piala AFF U-19 2022. Shin Tae-yong mengaku, buta kekuatan tim pesaing di Grup A.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A Piala AFF U-19 2022. Ronaldo Kwateh dkk akan bersaing dengan Vietnam, Filipina, Myanmar, Thailand, dan Brunei Darussalam.

"Tidak ada informasi apapun tentang semua lawan. Namun, para pemain sudah siap untuk bekerja maksimal pada setiap pertandingan untuk mendapatkan hasil yang baik," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19

Kiper: Cahya Supriadi, Dimas Maulana, Erlangga Setyo, Yogi Hermawan

Belakang: Ahmad Rusadi, Edgard Amping, Kadek Arel, Kakang Rudianto, Marcell Januar Putra, Mikael Alfredo Tata, Muhammad Ferarri, Radzky Syahwal Ginting

Tengah: Alfriyanto Nico, Arkhan Fikri, Dimas Juliono Pamungkas, Zanadin Fariz, Ferdiansyah, Frezy Al Hudaifi, Marselino Ferdinan, Rafli Asrul, Raka Cahyana, Ronaldo Kwateh, Subhan Fajri

Depan: Hokky Caraka, Muhammad Faiz Maulana, Rabbani Tasnim, Razzaa Fachrezi, Ricky Pratama

Video Populer

Foto Populer