Sukses


Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Turun Gunung, Timnas Indonesia U-19 Bakal Moncer di Piala AFF U-19?

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, enggan setengah-setengah menghadapi Piala AFF U-19 2022. Tak tanggung-tanggung, ia menyertakan Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Nama terakhir bahkan menjadi bagian dari Timnas Indonesia yang berhasil meraih hasil bagus pada kualifikasi Piala Asia 2023. Marselino ikut berkontribusi membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia, setelah terakhir kali pada 2007 lalu.

Turun gunung membela timnas kelompok umur, sebenarnya bukan sebuah hal yang tabu. Satu di antara pemain yang kerap membela timnas kelompok umur dalam satu musim adalah Saddil Ramdani.

Walaupun beresiko menurunkan level permainan sang pemain, Shin Tae-yong tentu punya pertimbangan sendiri. Apalagi, skuad yang sama bakal menjadi proyeksi di Piala Dunia U-20 2023.

Dengan keberadaan Ronaldo dan Marselino di Tim Merah Putih, apa yang bisa mereka tawarkan di Piala AFF U-19 2022? Apakah Timnas Indonesia U-19 bakal tampil moncer? Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Peluang Juara yang Lebih Besar

Kehadiran Ronaldo dan Marselino tentu menjadi tambahan kekuatan terutama di lini serang. Terlebih seorang Marselino yang memiliki visi permainan yang bagus dan kerap menjadi game changer pada pertandingan.

Selain itu, pengalaman keduanya bertanding di level yang lebih top juga bisa membangkitkan motivasi pemain lainnya. Dengan usia yang tak terlampau berbeda, gejolak remaja bakal membangkitkan kekuatan tersembunyi pemain lain.

Ujungnya, peluang juara Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 juga semakin besar. Kini tinggal bagaimana Shin Tae-yong menjaga kebugaran anak asuhnya yang dituntut bermain di waktu yang berdekatan.

 

3 dari 5 halaman

Kerangka Indonesia di Piala Dunia U-20 2023

Ketiadaan kompetisi usia muda, membuat para pemain belia ini kesulitan mematangkan permainannya. Kejuaraan ini tentu diharapkan menambah menit bermain mereka menjelang Piala Dunia U-20 2023.

Tak hanya itu, Piala AFF U-19 2022 juga menjadi kesempatan yang pas bagi Shin Tae-yong mencari kerangka utama Timnas Indonesia untuk bermain di pentas dunia. Termasuk menemukan pendamping ideal Marselino di lini tengah.

Pemain Persis Solo, Zanadin Fariz, dinilai bakal jadi sosok ideal yang mendampingi 'seniornya' tersebut. Tetapi, pemain berusia 17 tahun itu tetap harus membuktikan dirinya di level internasional.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-19

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19

Kiper: Cahya Supriadi, Dimas Maulana, Erlangga Setyo, Yogi Hermawan

Belakang: Ahmad Rusadi, Edgard Amping, Kadek Arel, Kakang Rudianto, Marcell Januar Putra, Mikael Alfredo Tata, Muhammad Ferarri, Radzky Syahwal Ginting

Tengah: Alfriyanto Nico, Arkhan Fikri, Dimas Juliono Pamungkas, Zanadin Fariz, Ferdiansyah, Frezy Al Hudaifi, Marselino Ferdinan, Rafli Asrul, Raka Cahyana, Ronaldo Kwateh, Subhan Fajri

Depan: Hokky Caraka, Muhammad Faiz Maulana, Rabbani Tasnim, Razzaa Fachrezi, Ricky Pratama   

Video Populer

Foto Populer