Sukses


Piala Presiden 2022: PSM Hadapi Borneo FC, Bernardo Tavares Berharap Wasit Memimpin dengan Adil

Bola.com, Samarinda - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, berharap wasit memimpin dengan adil ketika tim asuhannya bersua Borneo FC Samarinda dalam laga perempat final Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (3/7/2022).

"Biarkanlah tim yang memang bermain baik yang memenangkan pertandingan. Kalaupun PSM Makassar kalah, saya akan menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat kepada Borneo FC," tegas Bernardo Tavares dalam jumpa pers di Samarinda, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Bernardo, tidak mudah buat tim mana pun meraih kemenangan di Stadion Segiri. Eks pelatih Al-Hidd SCC ini mengaku sudah melihat sejumlah rekaman pertandingan Borneo FC saat menjamu lawan.

"Kadang mereka pantas menang karena bermain baik. Tapi, ada juga kemenangan yang mereka raih bukan karena lebih unggul dalam permainan," ujar pelatih PSM Makassar itu.

 

2 dari 5 halaman

Percaya Kemampuan PSM

Meski begitu, Bernardo Tavares menegaskan dirinya tetap percaya dengan kemampuan PSM Makassar. Ia merujuk pencapaian skuad Juku Eja dalam lima laga terakhir, yakni meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya sekali kalah.

Satu-satunya kekalahan itu terjadi ketika Juku Eja ditekuk Persikabo 1973 lewat gol penalti yang diklaim kontroversial oleh Bernardo Tavares.

"Wasit tidak seharusnya memberikan penalti untuk Persikabo, karena pelanggaran terjadi di luar kotak," tegas pelatih PSM Makassar itu.

 

3 dari 5 halaman

Memotivasi Pemain

Dalam kesempatan itu, Bernardo Tavares menegaskan bahwa status Borneo FC sebagai juara Grup B Piala Presiden 2022 justru membuat PSM Makassar termotivasi untuk menampilkan kemampuan terbaik pada laga esok.

"Mereka tidak pernah kalah di Grup B," tegas Bernardo Tavares.

Value Borneo FC di transfermarkt mencapai 4,6 juta euro, sementara PSM Makassar hanya 2,9 juta euro. Namun, bagi Bernardo itu tak bisa jadi tolok ukur yang harus dikhawatirkan oleh tim asuhannya.

"Saya katakan kepada pemain, data ini bukan acuan sebuah tim lebih unggul dari tim lainnya," papar Bernardo Tavares.

 

4 dari 5 halaman

Tunggu Perkembangan Kondisi Pemain

Terkait komposisi pemain yang akan dimainkan dalam laga ini, Bernardo Tavares mengungkapkan dirinya masih menunggu perkembangan terakhir pemain.

"Ada sejumlah pemain yang latihan terpisah karena cedera. Peluang mereka untuk tampil pada laga nanti tentu kecil. Tapi, kita lihat saja," ujar Bernardo Tavares.

Penyerang sayap PSM Makassar, Rizky Eka Pratama, yang menemani sang mentor berpendapat senada.

"Saya dan pemain lainnya bertekad menampilkan permainan terbaik untuk membuat penonton terhibur. Semoga bisa mengalahkan Borneo FC," pungkas Rizky Eka.

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir PSM di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer