Sukses


Rapor Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Saat Timnas Indonesia U-19 Vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Bekasi - Ada harapan besar ketika Shin Tae-yong mengumumkan nama-nama pemain Timnas Indonesia U-19 yang berlaga di Piala AFF U-19 2022. Maklum, para pemain ini merupakan kerangka skuad yang kelak memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Dari nama-nama yang ada, terselip dua nama yang telah merasakan debut bersama Timnas Indonesia senior. Berbeda dengan rekan-rekan yang lain di Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan telah merasakan level permainan yang lebih tinggi.

Apalagi dengan kompetisi kelompok umur yang vakum dalam dua tahun terakhir, bisa dikatakan saat ini keduanya lebih berpengalaman ketimbang rekan-rekannya. Jam terbang yang lebih tinggi itu juga yang membuat keduanya lebih siap menghadapi situasi pertandingan.

Hal itu cukup terlihat dalam pertandingan perdana di Piala AFF U-19 2022, yaitu menghadapi Vietnam. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022), keduanya menjadi motor permainan Garuda Muda.

Lantas sejauh apa pengaruh permainan keduanya di skema rancanan Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam? Berikut ulasan selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Mencari Tandem Ideal bagi Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan melakukan banyak pekerjaan sepanjang pertandingan. Tidak hanya mengkreasi serangan Timnas Indonesia U-19, Marselino juga melakukan beberapa tugas 'kotor', seperti melakukan pressing, tekel, hingga intersep.

Tentu tidak ada salahnya memiliki pemain seperti itu. Namun, hal tersebut memperlihatkan kurangnya dukungan yang diberikan oleh rekan-rekannya. Untuk memaksimalkan kemampuannya sebagai playmaker, dibutuhkan tandem ideal untuknya.

Masih ada beberapa nama di bangku cadangan yang bisa dijajal oleh Shin Tae-yong dalam pertandingan ini. Empat laga lain di babak grup bisa dimaksimalkan untuk mencari komposisi yang tepat.

 

 

3 dari 4 halaman

Ronaldo Kwateh Harus Lebih Tenang

Untuk pemain muda, bermain di luar posisi aslinya merupakan hal yang wajar. Ini pula yang terjadi terhadap sosok Ronaldo Kwateh yang dimainkan sebagai winger ketika membela klubnya, Madura United.

Namun, dalam pertandingan tadi, terlihat pemain berusia 17 tahun itu lebih nyaman ditempatkan sebagai penyerang tengah. Dengan berada di dekat kotak penalti, ia cukup melakukan sedikit penetrasi untuk bisa mengancam gawang lawan.

Namun, sayangnya beberapa kali ia juga kehilangan momentum. Bola tidak cukup lengket berada di kakinya atau terburu-buru berlari sehingga bola yang bergulir kepadanya justru tertinggal di belakang.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Video Populer

Foto Populer