Sukses


Klarifikasi Ultras Garuda Terkait Flare dalam Laga Timnas Indonesia U-19 Vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Jakarta - Antusiasme suporter mendukung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 begitu tinggi hingga menyalanya flare dalam laga kontra Vietnam di tribune Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam. Flare menyala di tribune tempat Ultras Garuda berada.

Menyalanya flare dalam pertandingan tersebut tentu menimbulkan pro dan kontra. Secara regulasi, tentu saja menyalakan flare di tribune stadion tidak diperbolehkan. Namun, tidak sedikit yang takjub dengan aksi tersebut.

Namun, kembali kepada regulasi, penyalaan flare di tribune stadion jelas tidak diperbolehkan. Hal ini membuat PSSI bersiap mendapatkan sanksi dari AFF terkait hal tersebut.

Ultras Garuda, kelompok suporter Timnas Indonesia yang menduduki tribune selatan Stadion Patriot dalam laga kontra Vietnam, di mana flare juga menyala, mengirimkan surat klarifikasi kepada Security Officer PSSI dan mengklaim ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyalakan flare.

"Insiden pembakaran flare terjadi oleh oknum yang masuk di tribune kami," bunyi poin pertama surat klarifikasi Ultras Garuda kepada PSSI.

2 dari 4 halaman

Poin Pernyataan Ultras Garuda

Selain poin pertama di atas, ada empat poin lanjutan yang juga tertuang dalam surat klarifikasi Ultras Garuda kepada PSSI, di mana itu termasuk imbauan mereka terhadap anggotanya untuk tidak membawa flare dan membakarnya di tribune stadion, melakukan penindakan terhadap oknum, serta sikap kooperatif Ultras Garuda untuk berkomunikasi dengan pihak keamanan.

"Sebelum pertandingan dimulai, jauh sebelumnya kami sudah memberikan pemberitahuan dan imbauan kepada anggota, baik melalui pesan grup Whatsapp maupun secara langsung sebelum pertandingan dimulai," poin kedua pernyataan Ultras Garuda.

"Saat terjadi pembakaran flare, kami langsung menindak oknum tersebut. Korlap kami membantu pihak keamanan untuk mengamankan lokasi di pintu masuk dan melakukan sweeping flare," bunyi poin ketiga dan keempat.

"Bukti bahwa kami sangat kooperatif membangun komunikasi yang intens dengan pihak keamanan," poin terakhir dalam klarifikasi Ultras Garuda.

3 dari 4 halaman

Permintaan Maaf

Setelah memberikan pernyataan dan klarifikasi terkait insiden pembakaran flare di tribune selatan Stadion Patriot itu, Ultras Garuda juga meminta maaf dan berharap bisa tetap bekerja sama dengan pihak keamanan PSSI untuk memberikan dukungan yang maksimal bagi Timnas Indonesia di kemudian hari.

"Dengan ini kami Ultras Garuda Indonesia memohon maaf dengan adanya insiden pembakaran flare, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di tribune kami," bunyi pernyataan yang ditandatangani Rifky Choirudin selaku Humas Ultras Garuda itu.

"Permohonan ini kami buat, agar ke depan kami tetap menjalin kerja sama yang lebih baik dengan pihak keamanan," tutup pernyataan tersebut.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Video Populer

Foto Populer