Sukses


PSS Tak Sabar Gemuruhkan Maguwoharjo saat Menjamu Borneo FC di Leg I Semifinal Piala Presiden 2022

Bola.com, Sleman - PSS Sleman akan tampil di babak semifinal Piala Presiden 2022, dengan bersua Borneo FC. Tim berjulukan Elang Jawa bakal melakoni dua leg sesuai regulasi di turnamen pramusim kali ini.

Kubu PSS Sleman sangat antusias menyambut pertandingan melawan Borneo FC untuk leg pertama semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Maguwoharjo, Kamis (7/7/2022) malam pukul 20.30 WIB.

Stadion berkapasitas 35 ribu penonton itu diprediksi bakal penuh sesak. Apalagi PSS Sleman memiliki dua kelompok suporter fanatik, yaitu Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania.

“Mari kembali gemuruhkan Maguwoharjo, PSS Fans!”, pesan yang ditulis PSS melalui akun resmi klub di Instagram, Senin (4/7/2022).

2 dari 7 halaman

Singkirkan Tim Kuat

Sebelumnya, PSS Sleman secara mengejutkan mendepak Persib Bandung pada babak perempat final. Anak asuh Seto Nurdiyantoro menang secara adu tendangan penalti 4-2 (1-1) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (1/7/2022).

PSS tampil percaya diri dengan bermain sabar dan tenang meladeni Persib. Bahkan tim berlogo Candi Prambanan itu sempat unggul terlebih dulu melalui gol Boaz Solossa. Sebelum disamakan oleh eksekusi penalti Marc Klok.

Namun Dewi Fortuna memihak PSS pada adu tendangan penalti. Mereka berhasil membungkus kemenangan dengan skor 4-2 dan memastikan diri lolos ke semifinal.

3 dari 7 halaman

Laga Kandang Perdana

Hal menarik bagi PSS Sleman untuk duel leg pertama semifinal Piala Presiden 2022 mendatang, yaitu untuk pertama kalinya bermain di kandang sendiri.

Seperti diketahui, PSS tergabung di grup A yang dipusatkan di Stadion Manahan Solo. Empat laga mereka jalani dan suporter fanatiknya rela pergi-pulang dari Sleman ke Solo. Belasan ribu anggota Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania kerap menyerbu Stadion Manahan.

Sementara PSS melakoni laga terakhirnya di Stadion Maguwoharjo saat beruji coba melawan Bali United, 4 Juni 2022 lalu. Saat itu, suporter fanatik PSS membanjiri stadion kebanggaan wong Sleman, meski timnya kalah 1-2.

4 dari 7 halaman

Bukan Target Utama

Di sisi lain, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro menegaskan bahwa fokus utama timnya bukanlah di Piala Presiden 2022, melainkan di ajang resmi yakni Liga 1 2022/2023.

"Pertandingan di Piala Presiden 2022 ini bukan ukuran, target kami tetap di kompetisi (resmi)," tegasnya.

Seto kemudian berharap para pemain asuhannya dalam kondisi fit, terutama setelah menjalani alga jeda waktu yang singkat di sepanjang Piala Presiden 2022 sejauh ini.

"Mudah-mudahan kondisi kebugaran pemain makin baik," harapnya.

5 dari 7 halaman

Banyak PR

Pihaknya juga berbicara mengenai perkembangan tim asuhannya di sepanjang Piala Presiden 2022. Seto merasa skuad Elang Jawa masih banyak menyimpan pekerjaan rumah (PR).

Seto kemudian menyoroti apa yang terjadi di laga melawan Persib. Dalam laga tersebut, PSS Sleman memang kebobolan pada akhir babak kedua melalui cara yang kurang menyenangkan.

Syaiful Ramadhan melakukan pelanggaran di area terlarang. Wasit tidak hanya memberikan hukuman penalti kepada PSS, tapi juga memberikan kartu kuning kedua untuk Syaiful.

"Kami masih banyak PR, tadi ada kartu merah dan gol pada menit akhir. Mudah-mudahan ini menjadi evaluasi buat kami, buat pemain, dan di dalam kompetisi resmi nanti kami sudah benar-benar siap," harap Seto.

6 dari 7 halaman

Kiprah PSS di Pramusim

PSS Sleman menampilkan kiprah cukup mengesankan sepanjang Piala Presiden 2022 sejak fase penyisihan grup, Mereka sukses membukukan dua kemenangan, sekali hasil imbang, dan sekali kalah.

Satu-satunya kekalahan mereka dapat saat dihajar 2-5 oleh PSIS Semarang di babak penyisihan grup. Lolosnya PSS ke semifinal sekaligus mengulangi kesuksesan di turnamen pramusim tahun lalu.

PSS yang kala itu dibesut Dejan Antonic juga tampil di semifinal Piala Menpora 2021. Meski disingkirkan Persib, tim Elang Jawa sukses mengunci posisi peringkat ketiga dengan mengalahkan PSM Makassar.

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi PSS di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer