Sukses


6 Fakta Hokky Caraka: Mantan Bek yang Cetak Quattrick untuk Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Hokky Caraka bermain impresif ketika Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Brunei Darussalam di grup A Piala AFF U-19 2022. Ia mencetak 4 gol alias quattrick dalam duel di Stadion Patriot Chandrabhaga. Garuda Nusantara pun menang 7-0, Senin (04/07/2022) malam.

Empat gol dicetak Hokky Caraka pada menit 2', 15', 19', dan 45'. Dia juga menjadi pencetak shot on target terbanyak dalam duel Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam.

Hokky Caraka sebenarnya belum begitu dikenal karena baru 'meledak' bersama Timnas Indonesia U-19. Akan tetapi, potensinya sudah terlihat sejak menjadi bagian program Garuda Select.

Siapa sih sosok Hokky Caraka?

2 dari 7 halaman

Kelahiran Gunungkidul

Hokky Caraka merupakan pemain kelahiran Gunungkidul, Yogyakarta. Dia akan genap berusia 18 tahun pada 21 Agustus 2022.

Pemain bernama lengkap Hokky Caraka Bintang Brilliant tumbuh dan besar di kampung halamannya. Perjalanannya menjadi pemain sepak bola juga dimulai dari sana.

Hokky Caraka menimba ilmu sepak bola di SSB Handayani, yang berada di wilayah Wonosari. Dia juga sempat bergabung dengan Persopi, SSB di Piyungan, Kabupaten Bantul.

3 dari 7 halaman

Akademi PSS

Pada tahun 2020, Hokky Caraka direkrut oleh PSS Sleman. Dia dipersiapkan untuk kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16.

Akan tetapi, saat itu Elite Pro Academy U-16 batal digelar karena pandemi Covid-19. Padahal, kompetisi seharusnya diputar akhir Maret 2020.

Pada tahun berikutnya, Hokky Caraka juga masuk skuad PSS Sleman U-18 untuk Elite Pro Academy U-18 2021.

4 dari 7 halaman

Jebolan Garuda Select

Hokky Caraka merupakan lulusan Garuda Select. Dia bahkan mendapat kesempatan berlatih di Inggris sebanyak dua kali, pada edisi ketiga dan keempat.

Selama di Inggris, Hokky Caraka dibina langsung oleh Dennis Wise. Legenda Chelsea tersebut merupakan Direktur Program Garuda Select.

Bersama Garuda Select, Hokky Caraka sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Bahkan, pada musim keduanya, ia mampu mencetak 14 gol.

5 dari 7 halaman

Pernah Main di Liga 1

Hokky Caraka sudah merasakan atmosfer kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Dia pernah tampil di BRI Liga 1 2021/2022.

Dia menjalani debut pada 25 September 2021 saat PSS Sleman menghadapi Madura United. Dia menggantikan Arsyad Yusgiantoro pada menit 59.

Total, Hokky Caraka tampil 3 kali bersama PSS Sleman pada musim tersebut. Dia dimainkan pada laga melawan Bali United dan Borneo FC.

6 dari 7 halaman

Beraksi di Toulon Cup

Hokky Caraka juga menjadi bagian dari Skuad Timnas Indonesia U-19 ketika tampil di Toulon Tournament. Dia diandalkan dalam laga melawan Venezuela, Ghana dan Mexico.

Namun, Hokky Caraka tidak mencetak gol dalam pertandingan-pertandingan tersebut. Di samping itu, Timnas Indonesia U-19 hanya meraih satu kemenangan.

7 dari 7 halaman

Pernah Jadi Bek

Satu fakta yang cukup unik tentang Hokky Caraka adalah perubahan posisinya. Sebelum menjadi penyerang andalan Timnas Indonesia U-19, dia sebenarnya adalah seorang stopper.

Adalah Dennis Wise yang melihat potensinya untuk kemudian dipasang sebagai penyerang tengah. Dia dianggap punya speed di atas rata-rata yang membuatnya layak menjadi striker.

Kini, Hokky Caraka sudah menjadi penyerang paling produktif Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022. Catatan itu berpotensi terus berlanjut.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Video Populer

Foto Populer