Sukses


Fakta di Balik Pergantian Posisi Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka: Dari Bek Jadi Penyerang, Ada Campur Tangan Legenda Chelsea

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menang besar dengan skor telak 7-0 atas Brunei Darussalam pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7/2022). Ada peran besar Hokky Caraka dalam kemenangan tersebut.

Hokky Caraka dimainkan Shin Tae-yong sebagai penyerang Timnas Indonesia U-19. Kesempatan itu nyatanya tak disia-siakan Hokky Caraka dengan menyumbang empat gol alias quatrick untuk Timnas U-19.

Hokky Caraka menjebol gawang Brunei Darussalam pada menit 2', 15', 19', dan 45'. Selain itu, pemain berusia 17 tahun itu juga menjadi pencetak shot on target terbanyak dalam duel Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam.

Ketajaman Hokky Caraka tentu menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Namun, siapa sangka ternyata Hokky Caraka dahulunya bermain sebagai bek, bukan penyerang.

Lantas, seperti apa cerita di balik pergantian posisi yang dilakukan Hokky Caraka hingga kini menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-19?

2 dari 5 halaman

Berawal Ikut-ikutan

Perjalanan karier Hokky Caraka sebagai pemain sepak bola berawal dari SD. Ketika itu, Hokky Caraka mengaku sangat sulit bila disuruh untuk bersekolah.

Hokky Caraka kemudian melihat temannya yang sering mendapatkan dispensasi dari sekolah karena mengikuti turnamen sepak bola. Hokky Caraka lalu memberanikan diri untuk ikut-ikutan bermain sepak bola demi mendapatkan izin tak bersekolah.

"Teman SD ada yang bermain bola dan menjuarai beberapa turnamen. Dia kan mendapatkan izin terus-terusan," kata Hokky Caraka pada Maret 2021.

"Kemudian saya mencoba ikut-ikutan karena saya itu kalau disuruh sekolah paling malas. Terus ikut sampai SMP dan izinnya lancar. Langsung ditekuni," ujar Hokky Caraka.

3 dari 5 halaman

Seleksi Garuda Select

Sejak saat itu, Hokky Caraka kemudian menekuni bidang olahraga sepak bola. Hokky membela SSB kecil di Gunungkidul yang kemudian melambungkan namanya hingga direkrut PSS Sleman.

Hokky Caraka ketika itu dipersiapkan untuk kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16. Akan tetapi, saat itu Elite Pro Academy U-16 batal digelar karena pandemi Covid-19.

Meski demikian, bakat Hokky Caraka ternyata diendus oleh tim pencari bakat Garuda Select. Hokky Caraka pun ikut seleksi Garuda Select dan berhasil tampil pada dua edisi yakni pada edisi ketiga dan keempat.

4 dari 5 halaman

Dari Bek ke Penyerang

Hokky Caraka awalnya bermain sebagai bek sejak masih di SSB. Namun, pada saat mengikuti seleksi Garuda Select, legenda Chelsea, Dennis Wise dan Des Walker, melihat bakat lain yang dimiliki Hokky Caraka.

"Ketika itu waktu seleksi Garuda Select dan kebetulan hujan deras sehingga tidak jadi latihan dan seleksi. Jadi di tes kecepatan dari gawang sampai garis tengah.Ternyata paling kencang," kenang Hokky Caraka.

"Ketika dibriefing terakhir ditanya 'kamu itu posisinya apa dan bisa bermain di posisi apa'. Saya jawab bisa striker, pada babak pertama masih jadi stopper dan babak kedua dijadikan striker dan mencetak hatrick," ujar Hokky Caraka.

5 dari 5 halaman

Moncer di Inggris

Ketajaman Hokky Caraka semakin terlihat saat mengikuti Garuda Select Jilid 4 di Inggris. Hokky Caraka bahkan berhasil menyabet pemain paling tajam dalam tim.

Hokky Caraka tercatat mencetak 14 gol selama membela Garuda Select. Pencapaian itu dibukukan Hokky Caraka dengan menjebol gawang klub-klub Inggris.

Kini, Hokky Caraka menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Menarik untuk menantikan gol-gol lain dari Hokky Caraka.

Video Populer

Foto Populer