Sukses


Akhirnya! Shin Tae-yong Angkat Bicara soal Keputusan Jordi Amat Tinggalkan Eropa dan Gabung JDT

Bola.com, Bekasi - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong angkat bicara terkait keputusan Jordi Amat meninggalkan Eropa dan bergabung dengan Johor Darul Ta'zim (JDT).

Jordi Amat memilih untuk hijrah dari klub Belgia, KAS Eupen dan bermain bagi JDT di tengah proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Langkah Jordi Amat merapat ke JDT sempat mengundang pro dan kontra karena bek asal Spanyol ini dianggap sejumlah netizen mengalami penurunan karier.

Setelah 12 tahun melanglang buana di Eropa dengan berkancah di Spanyol, Inggris, hingga Belgia, Jordi Amat justru berlabuh di Malaysia.

2 dari 5 halaman

Netizen Minta Naturalisasi Jordi Amat Disetop

Warganet juga meminta kepada PSSI untuk menyetop naturalisasi Jordi Amat buntut langkahnya membela juara delapan musim terakhir Liga Super Malaysia itu.

Belakanga, Jordi Amat mengklarifikasi kepindahannya ke JDT agar dapat beradaptasi dengan sepak bola Asia dan membantah memanfaatkan paspor Indonesianya kelak.

PSSI juga menolak menghentikan naturalisasi Jordi Amat karena Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia meminta prosesnya untuk jalan terus.

3 dari 5 halaman

Komentar Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menginginkan naturalisasi Jordi Amat untuk tetap diproses dan yakin kemampuan pemain asal Spanyol itu tidak akan menurun hanya karena bermain di JDT.

"Saya ingin naturalisasi Jordi Amat tetap lanjut karena penampilannya sudah terbukti," imbuh Shin Tae-yong.

"Dia sudah mengorbankan diri untuk Timnas Indonesia. Gara-gara dia bermain di Malaysia, ada penilaian seperti itu. Itu tidak baik," jelasnya.

4 dari 5 halaman

3 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Selain Jordi Amat, PSSI juga sedang memproses naturalisasi dua pemain Eropa lainnya, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Sandy Walsh masih berkancah di benua biru bersama klub Belgia, KV Mechelen dan Shayne Pattynama memperkuat tim Norwegia, Viking FK.

Jadi, hanya Jordi Amat, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang mentas di Eropa. "Saya percaya dia tidak akan menurun," terang Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Bersurat ke Ketua PSSI

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengirim surat ke Ketua PSSI, Mochamad Iriawan pada 30 Juni 2022 yang intinya meminta naturalisasi Jordi Amat untuk terus diproses.

"Intinya, proses naturalisasi Jordi Amat diminta untuk dilanjutkan. Arahan Ketua PSSI, kami akan melanjutkan," imbuh Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Sebab, naturalisasi tiga pemain termasuk Jordi Amat adalah keinginan Shin Tae-yong. PSSI bakal mendukung semua keinginan pelatih termasuk pemusatan latihan di mana pun," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer