Sukses


Pengamat Sepak Bola: Trofi Piala AFF U-19 Bukan Harga Mati! Rindu Juara Boleh, Jangan Pemain Usia Dini yang Ketimpa Beban

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 sedang berjuang di Piala AFF 2019 2022. Di babak penyisihan, skuad Garuda Nusantara baru mengemas sekali kemenangan atas Brunei serta imbang kontra Thailand dan Vietnam.

Ada sedikit pandangan dari pelatih asal Malaysia, Raja Isa, yang cukup memahami kultur sepak bola Indonesia.

Raja Isa mengingatkan pencinta sepak bola Indonesia tak menjadikan trofi juara Piala AFF U-19 sebagai harga mati. Karena, ia menilai Shin Tae-yong menjadikan ajang ini untuk mengukur kemampuan para pemainnya.

"Sebagai pelatih level Piala Dunia, coach Shin Tae-yong tentu sudah punya strategi dan program untuk menyiapkan tim menghadapi Piala Dunia U-20 yang merupakan target utama," papar Raja Isa kepada Bola.com.

Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan melawan Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022).

2 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Sembunyikan Kekuatan?

Raja Isa menambahkan, Shin Tae-yong malah terkesan ingin memperlihatkan kekuatan riil tim asuhannya. Lagipula, skuad ini belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria Shin Tae-yong.

Itulah mengapa Raja Isa memahami keinginan Shin Tae-yong yang berharap PSSI segera mungkin menyelesaikan proses naturalisasi pemain bidikannya.

Jujur saja, Raja Isa menyebut dengan materi sekarang, Timnas Indonesia U-19 sulit bersaing.

"Kalau mengandalkan materi yang ada saat ini, saya yakin Indonesia sulit berbuat banyak," tegas Raja Isa.

3 dari 5 halaman

Goalnya di Tim Senior!

Ia merujuk nasib yang dialami Malaysia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 1997. Tim Harimau Malaya Muda langsung tersingkir di penyisihan grup.

"Piala Dunia U-20 adalah batu loncatan pemain menuju ke jenjang senior. Contoh pada 1997, ada sejumlah pemain yang menjadi bintang setelah tampil diajang ini seperti Michael Owen, David Trezeguet, Pablo Aimar, Juan Riquelme, Esteban Cambiasso, William Gallas dan lain-lain," pungkas Raja Isa.

Maka itu, Raja Isa berharap suporter Timnas Indonesia tak terlalu membebani pemain-pemain muda dengan target juara.

4 dari 5 halaman

Imbang Vs Thailand dan Vietnam

Timnas Indonesia U-19 bermain imbang tanpa gol dengan Thailand pada laga lanjutan Grup A Piala AFF di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (6/7/2022) malam WIB. Hasil ini membuat tim asuhan Shin Tae-yong sementara bertengger di peringkat empat dengan poin 5.

Sedang Thailand dibawah Vietnam, pimpinan klasemen yang sama-sama mengoleksi poin 7. Peringkat tiga di grup A adalah Myanmar yang meraup 6 poin dalam tiga laga.Meski masih berada di bawah para pesaingnya itu, peluang Garuda Nusantara sejatinya tetap terbuka.

Dua lawan terakhir Hokky Caraka dan kolega yakni Filipina (8/7/2022) dan Myanmar (10/7/2022) relatif bisa dikalahkan untuk mendulang poin maksimal. Sebaliknya, Vietnam dan Thailand bakal bersua pada laga terakhir Grup A.

5 dari 5 halaman

Piala Dunia U-20

Shin Tae-yong punya waktu kurang lebih 10 bulan sebelum Piala Dunia U-20 2023. Timnas Indonesia U-19 ini merupakan proyeksi untuk ajang tersebut.

Selepas turnamen Toulon yang berlangsung di Prancis, Piala AFF U-19 merupakan wadah yang tepat untuk melihat bakat-bakat muda lainnya.

PR STY sangat berat karena cuma ada beberapa pemain yang sudah 'naik level', seperti Marselino Ferdinan.

Video Populer

Foto Populer