Sukses


Bocoran dari Pelatih Asal Malaysia untuk Timnas Indonesia U-19: Filipina Bukan Kekuatan Terbaik, Pemain Blasteran Pilih Ujian Sekolah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 masih terus berjuang untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Cahya Supriyadi dkk. meraih kemenangan dalam laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022. Tim Garuda Nusantara bermain imbang tanpa gol dengan Thailand di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam WIB.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 menghuni peringkat keempat dalam klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan lima poin. Mereka baru mengemas satu kemenangan dan dua hasil imbang dalam tiga laga yang dilakoni.

Vietnam nyaman berada di puncak klasemen dengan tujuh poin, diikuti Thailand yang memiliki jumlah poin yang sama. Myanmar berada di peringkat ketiga dengan mengemas enam poin.

Timnas Indonesia U-19 menyisakan dua pertandingan, melawan Filipina dan Myanmar. Bagaimana pengamat sepak bola menilai kedua tim itu?

2 dari 6 halaman

Kondisi Filipina

Menghadapi Filipina, Raja Isa memprediksi Shin Tae-yong tetap mempertahankan materi starternya. Kecuali Marselino Ferdinand yang hampir pasti absen karena cedera saat timnya menghadapi Thailand.

Menurut Raja Isa yang dihubungi Bola.com, Kamis (7/7/2022), andai Shin Tae-yong memilih melakukan rotasi untuk menjaga kebugaran pemain, peluang Indonesia mengalahkan Filipina tetap terbuka.

Berdasarkan info yang diterimanya, Filipina datang ke Indonesia bukan dengan materi terbaiknya. Alasannya, saat ini para pemain lebih fokus menghadapi ujian masuk universitas.

"Terutama pemain naturalisasi yang berasal dari Eropa dan Amerika. Orangtua mereka tak mengizinkan anaknya ke Indonesia dengan alasan melanjutkan pendidikan lebih utama," ungkap Raja Isa.

3 dari 6 halaman

Myanmar Bagaimana Pak Cik?

Menurut Raja Isa, kelebihan yang menonjol pada Myanmar adalah kecepatan yang ditunjang fisik prima ala tim Indocina. Kekalahan telak tiga gol tanpa balas dari Thailand (4/7/2022) tak bisa dijadikan acuan mutlak.

Karena pada laga itu, Myanmar memberikan perlawanan ketat dengan serangan balik cepat.

"Dalam catatan saya, Myanmar memiliki empat peluang mencetak gol. Tiga di antaranya membentur mistar gawang," ungkap Raja Isa.

Itulah mengapa Raja Isa berharap kebugaran pemain Indonesia tetap terjaga jelang menghadapi Myanmar. Terkait hal ini, Raja Isa yakin Shin Tae-yong sudah menyiapkan cara untuk mengantisipasinya.

4 dari 6 halaman

Situasi Timnas Indonesia U-19: Tanpa Marselino

Pelatih Shin Tae-yong memprediksi Marselino Ferdinan akan absen memperkuat Timnas Indonesia U-19 hingga akhir Piala AFF U-19 2022. Gelandang berusia 17 tahun itu harus menepi karena cedera. 

"Marselino tidak bisa main sepertinya sampai akhir turnamen ini," ujar Shin Tae-yong, usai laga kontra Thailand.

"Feelling saya tidak baik. Tapi harus dilihat juga hasil pemeriksaan nanti, Kamis (7/7), di rumah sakit," katanya menambahkan.

Marselino Ferdinan mendapatkan cedera saat Timnas Indonesia U-19 bersua Thailand pada matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7) malam WIB.

5 dari 6 halaman

Klasemen Sementara: Posisi ke-4

1. Vietnam 7 Poin

2. Thailand 7 Poin

3. Myanmar 6 Poin

4. Timnas Indonesia U-19 5 Poin

5. Filipina 0 Poin

6. Brunei Darussalam 0 Poin

6 dari 6 halaman

2 Perjuangan Lagi!

Jika Timnas Indonesia U-19 terpental ke peringkat keempat Grup A Piala AFF U-19 2022, maka Thailand tergeser ke posisi kedua.

Vietnam mampu mengkudeta Thailand dari singgasana Grup A Piala AFF U-19 2022 berkat kemenangan 4-0 atas Brunei Darussalam dalam partai ketiga.

Vietnam meraih tujuh poin hasil dari dua pertandingan dan sekali seri. Thailand menguntitnya di urutan kedua dengan nilai yang sama.

Timnas Indonesia U-19 masih menyisakan dua partai di Grup A Piala AFF U-19 2022 melawan Filipina pada 8 Juli 2022 dan Myanmar dua hari berselang.

Video Populer

Foto Populer