Sukses


Shin Tae-yong Ungkap Alasan Paksa Alfriyanto Nico Tetap Main di Timnas Indonesia U-19 meski Terpincang-pincang

Bola.com, Bekasi - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengungkap alasan memaksa Alfriyanto Nico tetap bermain meski sudah terpincang-pincang ketika melawan Filipina.

Timnas Indonesia U-19 berhasil membantai Filipina dengan skor 5-1 dalam matchday keempat Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022).

Alfriyanto Nico turut menyumbangkan satu dari lima gol Timnas Indonesia U-19 ke gawang Filipina pada menit ke-26.

Winger asal Persija Jakarta itu sempat mengalami cedera sekitar menit ke-75. Alfriyanto Nico juga mendapatkan perawatan di lapangan hingga ditandu keluar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Alfriyanto Nico Tidak Bisa Diganti

Namun, Shin Tae-yong justru menunjukkan gestur seolah untuk menyuruh Alfriyanto Nico kembali ke lapangan. Ada apa?

Shin Tae-yong tidak dapat menggantikan Alfriyanti Nico. Pasalnya, Timnas Indonesia U-19 telah melakukan lima kali pergantian sesuai aturan maksimal.

Sebelum Alfriyanto Nico cedera, Shin Tae-yong sudah memasukkan Ahmad Rusadi, Ronaldo Kwateh, Razzaa Fachrezi, Dimas Juliono, dan Muhammad Rafli Asrul.

3 dari 5 halaman

Kram

Ketika kembali ke lapangan, Alfriyanto Nico terpincang-pincang. Pemain berusia 19 tahun itu tidak banyak bergerak dan hanya lari-lari kecil untuk menjaga kondisinya.

"Nico hanya kram. Saya datang ke dia di pinggir lapangan untuk mengecek kondisinya," imbuh Shin Tae-yong.

"Saya tidak bisa menggantinya karena pergantian sudah habis. Jadi mau tidak mau harus dipaksa main," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Dari Winger Jadi Wingback

Shin Tae-yong juga mengubah posisi Alfriyanto Nico dari winger menjadi wingback kanan. Untungnya, pemain asal Surakarta, Jawa Tengah itu pernah dimainkan di pos itu saat di Persija.

"Jadi, selain Nico, Subhan Fajri juga bisa menjadi winger dan wingback. Kecuali tiga bek di belakang, semua pemain bisa berganti posisi," imbuh Shin Tae-yong.

"Saya ingin para pemain bisa bermain di setiap posisi dan bergerak lalu mencari ruang. Itu satu di antara taktik kami," terangnya.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

2 Juli 2022

Vietnam 0-0 Timnas Indonesia U-19

4 Juli 2022

Timnas Indonesia U-19 7-0 Brunei Darussalam

6 Juli 2022

Timnas Indonesia U-19 0-0 Thailand

8 Juli 2022

Filipina 1-5 Timnas Indonesia U-19

10 Juli 2022

Timnas Indonesia U-19 Vs Myanmar

Video Populer

Foto Populer