Sukses


Vietnam dan Thailand Dituding Main Mata di Piala AFF U-19 2022, Manajer Timnas Indonesia U-19 Menuntut Dilakukannya Investigasi

Bola.com, Bekasi - Manajer Timnas Indonesia U-19, Endri Erawan, menuding Vietnam dan Thailand tidak bermain sportif pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022. Endri Erawan menuntut AFF melakukan investigasi terhadap duel yang dimainkan keduanya.

Laga Vietnam melawan Thailand mendapatkan sorotan dari publik. Penyebabnya karena kedua tim tak lagi bermain serius pada 15 menit terakhir pada babak kedua.

Thailand dan Vietnam akhirnya bermain imbang 1-1 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Situasi ini membuat keduanya memastikan tiket semifinal Piala AFF U-19 2022.

Vietnam dan Thailand lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena unggul head to head dari Timnas Indonesia U-19. Meskipun Timnas U-19 mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga terakhir, namun hasil itu tak cukup membantu lolos ke semifinal.

2 dari 5 halaman

Investigasi dan Diskualifikasi

Manajer Timnas Indonesia U-19, Endri Erawan, menyayangkan tindakan main mata yang dilakukan Vietnam dan Thailand. Endri menilai, seharusnya kedua tim tetap ngotot mengincar kemenangan pada waktu yang tersisa.

"Saya yakin Indonesia yang terbaik, harusnya di posisi 1. Cuma karena regulasi, Indonesia jadi tersisih. Saya tidak melihat pertandingan itu secara langsung, akan tetapi saya dengan kabar dua tim itu tidak saling serang pada laga tersebut," ucap Endri Erawan.

"Saya berharap investigasi dari AFF untuk laga tersebut. Kalau menurut AFF itu fairplay, silakan lanjut. Kalau tidak fairplay, perlu ada pertimbangan untuk mendiskualifikasi kedua tim tersebut," tegas Endri Erawan.

3 dari 5 halaman

Regulasi Jadul

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, juga murka dengan kegagalan anak asuhnya ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Shin Tae-yong menyangkan adanya regulasi head to head yang masih diterapkan oleh turnamen tersebut.

"Memang head to head seperti situasi skarang ini sudah hilang di regulasi FIFA atau AFC. Akan tetapi, sedikit aneh memang regulasi ini masih ada di AFF," kata Shin Tae-yong.

"Kami tidak lolos ini tidak masuk akan dan memang harusnya dari lawan dan pesaing kami juga melakukan laga dengan fairplay. Akan tetapi nyatanya tidak seperti itu," ucap Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Pelatih Shin Tae-yong juga mengucapkan terima kasih kepada para pemainnya yang sudah bekerja keras sepanjang pertandingan. Shin Tae-yong mengaku bangga dengan perjuangan para pemain Timnas Indonesia U-19.

"Saya ingin ucapkan terima kasih banyak kepada para pemain yang sudah bekerja keras, maksimal, dan menjadikan laga ini tidak disesali hasilnya. Jadi, saya ingin ucapkan terima kasih sekali lagi untuk para pemain saya," ujar Shin Tae-yong.

Pada laga tersebut, Timnas U-19 mencetak gol melalui aksi Muhammad Ferarri (18', 32'), Arkhan Fikri (26'), Rabbani Tasnim (34'), dan Ronaldo Kwateh (73'). Adapun gol Myanmar dibukukan oleh La Min Gtiwe (8').

5 dari 5 halaman

Hasil Lengkap Timmnas Indonesia U-19

  • 2/7/2022 - Vietnam 0-0 Timnas Indonesia U-19
  • 4/7/2022 - Timnas Indonesia U-19 7-0 Brunei Darussalam
  • 6/7/2022 - Timnas Indonesia U-19 0-0 Thailand
  • 8/7/2022 - Filipina 1-5 Timnas Indonesia U-19
  • 10/7/2022 - Timnas Indonesia U-19 5-1 Myanmar

Video Populer

Foto Populer