Sukses


Regulasi Piala Asia 2023 Mirip Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia Patut Waspada

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan regulasi putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia yang ikut berlaga patut waspada, karena regulasi Piala Asia 2023 mirip Piala AFF U-19 2022.

Tim Garuda sukses melenggang ke putaran final Piala Asia dengan status satu dari lima runner-up terbaik kualifikasi putaran ketiga.

Timnas Indonesia menghuni urutan ketiga dengan nilai enam, hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah. Indonesia terpaut tiga poin dari Yordania yang lolos dengan status pemuncak Grup A.

Kini, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut menanti calon lawan yang bakal dihadapi pada putaran final Piala Asia 2023. Berstatus tim non-unggulan, Timnas Indonesia menempati pot 4 bersama India, Tajikistan, Thailand, Hong Kong, dan Malaysia.

 

2 dari 5 halaman

Patut Waspada

Selain berpeluang lawan-lawan tangguh, Timnas Indonesia juga patut mewaspadai regulasi Piala Asia 2023. Pasalnya, regulasi tersebut mirip dengan Piala AFF U-19 2022.

Berdasarkan aturan yang dirilis AFC, penentuan tim yang lolos ke fase knock-out ditentukan perolehan poin, selisih gol, dan jumlah gol yang dicetak.

Selain itu, ada juga ketentuan head to head jika ada tim yang memiliki jumlah poin sama, meskipun unggul secara selisih gol, dan produktivitas gol.

 

3 dari 5 halaman

Jangan Sampai Terulang

Hal tersebut dialami Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Tim Garuda Nusantara gagal lolos ke semifinal, karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

Padahal, Timnas U-19 memiliki jumlah poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand tetapi unggul selisih gol dan produktivitas gol. Tim Garuda Nusantara yang menang 5-1 atas Myanmar pada laga terakhir Grup A, mendulang 11 poin, mencetak 17 gol, dan kebobolan dua gol.

Di sisi lain, Vietnam yang lolos sebagai juara Grup A mengoleksi 11 poin, mencetak 12 gol, dan kemasukan tiga gol. Adapun Thailand di urutan kedua mengumpulkan 11 poin, mencetak tujuh gol, dan kebobolan satu gol.

Berbekal pengalaman pahit yang terjadi di Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia diharapkan tak mengulangi kejadian serupa di Piala Asia 2023.

Berikut adalah regulasi penentuan klasemen fase grup putaran final Piala Asia 2023:

 

4 dari 5 halaman

Regulasi Piala Asia 2023:

1. Jumlah poin yang lebih tinggi yang diperoleh di semua pertandingan fase grup.

2. Selisih gol dalam pertandingan head to head antara tim yang terkait.

3. Jumlah gol yang dicetak di antara tim yang berpartisipasi yang bersangkutan.

4. Jika lebih dari dua tim terkait, dan setelah menerapkan semua kriteria head to head di atas, sebagian tim masih seri, semua kriteria head to head di atas diterapkan kembali secara eksklusif untuk subset tim ini.

5. Selisih gol pada semua pertandingan grup.

6. Gol yang dicetak pada semua pertandingan grup.

7. Adu penalti jika hanya dua tim yang seri dan mereka bertemu pada babak terakhir grup.

8. Poin disiplin (kartu kuning = 1 poin, kartu merah akibat dua kartu kuning = 3 poin, kartu merah langsung = 3 poin, kartu kuning diikuti kartu merah langsung = 4 poin).

9. Undian.

5 dari 5 halaman

Klasemen Akhir Grup A Piala AFF U-19 2022:

Video Populer

Foto Populer