Sukses


4 Pemain Timnas Indonesia U-19 Paling Menonjol di Piala AFF U-19 2022: Lahirnya Bintang Baru!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 harus mengakhiri perjuangan di Piala AFF U-19 2022. Bertindak sebagai tuan rumah, Garuda Nusantara tersingkir di fase grup.

Garuda Nusantara harus tersingkir dengan cara menyakitkan. Mereka kalah head to head dari Thailand dan Vietnam. Padahal kalau bicara agresivitas gol, Timnas Indonesia U-19 jauh unggul dari kedua tim tersebut.

Dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung pada Minggu (10/7/2022) malam, Timnas Indonesia U-19 mampu menang telak 5-1 atas Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Namun, kemenangan besar itu tidak berarti apa pun. Sebab dalam laga lain yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Vietnam dan Thailand berbagi angka 1-1.

Kegagalan yang lebih berbau ketidakberuntungan itu tidak perlu terlalu lama disesali. Apalagi sebenarnya ada beberapa bintang baru Timnas Indonesia U-19 yang lahir dari turnamen ini. Bola.com memilih empat di antaranya:

2 dari 5 halaman

Cahya Supriyadi

Cahya Supriadi adalah pemain yang paling menarik perhatian dari skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Posisinya sebagai kiper tidak tergantikan.

Total, Garuda Nusantara bermain lima kali di sepanjang fase grup. Dari lima laga tersebut, Cahya Supriadi selalu menjadi pilihan utama.

Penampilan terbaik Cahya Supriadi terjadi saat Timnas Indonesia U-19 bermain imbang 0-0 melawan Thailand. Saat itu, Cahya mampu melakukan lima kali penyelamatan.

 

3 dari 5 halaman

Rabbani Tasnim

Ronaldo Kwateh sempat disebut bakal menjadi bintang utama Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022. Ronaldo tampil cukup baik dengan catatan dua gol.

Namun, Rabbani Tasnim mampu tampil lebih gemilang. Ia mampu mencetak empat gol. Tiga gol ia cetak ke gawang Filipina, sementara sisanya dicetak ke gawang Myanmar.

Rabbani dibekali postur dan kekuatan tubuh yang bagus. Ia hanya tinggal mengasah terus kemampuan penyelesaian akhir untuk bisa menjadi striker jempolan di masa depan.

4 dari 5 halaman

Kakang Rudianto

Kakang Rudianto tampil impresif bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Menariknya, Kakang bermain tidak di posisi aslinya.

Selama ini ia dikenal sebagai seorang bek tengah. Namun, Shin Tae-yong menggunakan formasi 3-4-3 pada Piala AFF U-19 2022.

Kakang ditempatkan di posisi wing back kanan. Menariknya pemain Persib Bandung itu bisa memerankan tugas itu dengan sangat baik.

 

5 dari 5 halaman

Arkhan Fikri

Cederanya Marselino Ferdinan justru membuat para pemain lain mencuat. Arkhan Fikri adalah satu di antaranya.

Ia mampu menjadi kreator sekaligus breaker di lini tengah Garuda Nusantara. Kemampuannya dalam mengeksekusi bola mati dan tendangan jarak jauh juga bagus.

Sekilas, permainan Arkhan mengingatkan kita pada sosok Muhammad Hargianto di Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri yang menjadi juara Piala AFF U-19 pada 2013.

Video Populer

Foto Populer