Sukses


Thailand Susul Vietnam Angkat Koper dari Bekasi, Laos Bersua Malaysia di Final Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Bekasi - Timnas Thailand U-19 harus menerima kenyataan pahit angkat koper dari Piala AFF U-19 2022. Thailand tersingkir dari kejuaraan yang digelar di Jakarta dan Bekasi itu setelah kalah 0-2 dari Laos pada laga semifinal yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/7/2022).

Thailand langsung dibuat bungkam oleh Laos saat pertandingan semifinal Piala AFF U-19 2022 itu baru berjalan delapan menit. Peeter Phanthavong menjadi pahlawan bagi Laos dengan gol pembuka yang dicetaknya.

Berawal dari situasi sepak pojok, Peeter Phanthavong mendapatkan bola hasil tandukan rekan setimnya di depan gawang Thailand. Tanpa ragu-ragu pemain Laos itu langsung melepaskan tembakan yang membuat kiper Thailand terkejut dan jala gawangnya terkoyak.

Laos bahkan berhasil menggandakan keunggulan pada babak kedua. Tepatnya pada menit ke-84, Thailand dibuat tertunduk lewat gol yang dicetak Damoth Thongkhamsavath. Laos pun unggul 2-0 dan kedudukan tersebut bertahan hingga laga usai.

Laos pun berhasil menyusul Malaysia ke final Piala AFF U-19 2022, di mana ini menjadi kali pertama mereka melangkah hingga ke partai puncak dalam turnamen Piala AFF U-19.

2 dari 4 halaman

Thailand Senasib dengan Vietnam

Satu hal yang menarik setelah semifinal Piala AFF U-19 2022 rampung digelar. Kedua finalis sama-sama berasal dari Grup B, yaitu Laos dan Malaysia.

Malaysia melangkah ke final Piala AFF U-19 2022 setelah menyingkirkan Vietnam dengan skor telak 3-0 pada laga semifinal yang digelar pada Rabu sore.

Otomatis Thailand yang dalam laga terakhirnya di fase grup bermain imbang 1-1 dengan Vietnam sehingga menggagalkan langkah Timnas Indonesia U-19 ke semifinal, juga harus tersingkir seperti halnya Vietnam.

3 dari 4 halaman

Laos Percaya Diri

Laos memang tampil trengginas di Piala AFF U-19 2022. Tim asuhan Michael Weiss itu memiliki catatan sempurna sejak fase grup hingga semifinal ini.

Pada fase grup, Laos berhasil meraih empat kemenangan sempurna yang membuat mereka berhasil lolos ke semifinal sebagai juara grup. Bahkan dalam laga terakhirnya di fase grup, Laos berhasil menang 1-0 atas Malaysia, yang akan kembali dihadapinya di laga final.

Laos tercatat berhasil mencetak 10 gol dan hanya kebobolan 2 gol dalam lima pertandingan yang dijalaninya sejak fase grup hingga semifinal Piala AFF U-19 2022.

Hanya Kamboja dan Singapura yang berhasil mencetak gol ke gawang Laos, yang berakhir dengan skor 2-1 dan 3-1 untuk kemenangan Laos. Sementara dalam dua laga lain di fase grup, Laos menang 2-0 atas Timor Leste dan 1-0 atas Malaysia.

4 dari 4 halaman

Momentum Pembalasan Malaysia?

Sementara bagi Malaysia, pertemuan dengan Laos di final Piala AFF U-19 2022 akan menjadi momentum pembalasan untuk kekalahan yang mereka dapatkan di fase grup.

Apalagi saat itu, Laos yang menang 1-0 berkat gol Phoutthavong Sangvilay mendapatkan kemenangannya lewat eksekusi penalti. Artinya, Malaysia bisa saja mengimbangi pada laga tersebut.

Sementara di pertandingan final nanti, Malaysia yang menyingkirkan Vietnam dengan skor 3-0 di semifinal, diyakini memiliki motivasi yang kuat untuk meraih kemenangan dan gelar juara.

Laga final Piala AFF U-19 2022 akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Jumat (15/7/2022) malam WIB.

Video Populer

Foto Populer