Sukses


Analisis Final Leg 1 Piala Presiden 2022: Borneo Agresif, Arema FC Lebih Cerdik dan Beruntung

Bola.com, Jakarta - Arema FC sukses menekuk Borneo FC Samarinda dengan skor 1-0 pada leg I final Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (14/7/2022) malam WIB.

Gol tunggal kemenangan Tim Singo Edan dicetak striker anyar, Abel Camara, pada menit ke-16. Bagi penyerang asal Guinea-Bissau tersebut, itu adalah gol keduanya buat Arema FC di Piala Presiden 2022.

Sebelumnya, ia mencetak gol ke gawang PSIS pada leg pertama semifinal. Hasil tersebut membuat Arema FC hanya butuh hasil imbang saat dijamu Borneo FC pada leg kedua final di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (17/7/2022).

"Arema FC tampil cerdik dan beruntung mendapatkan gol pada babak pertama. Tapi, secara keseluruhan Borneo lebih dominan," ujar Yusrifar Djafar, eks bek sayap PSM Makassar kepada Bola.com, Jumat (15/7/2022).

 

2 dari 6 halaman

Agresif pada Babak Pertama

Menurut Yusrifar, Arema FC hanya agresif pada awal laga untuk memburu gol cepat. Gol yang dicetak Camara tak bisa dilepaskan dari aksi brilian gelandang serang Arema, Gian Zola.

Menurut Yusrifar, tak mudah buat seorang pemain melepaskan umpan terukur di saat posisi sulit seperti yang dialami Zola.

"Bagi saya, Zola pantas disebut aktor kemenangan Arema atas Borneo," tegas Yusrifar yang membawa PSM meraih trofi juara Perserikatan 1992 dan Liga Indonesia 1999/2000 ini.

 

3 dari 6 halaman

Tampil Cerdik

Yusrifar menambahkan setelah mendapatkan gol, Arema bermain cerdik untuk mempertahankan keunggulan sampai akhir pertandingan. Di mana Arema FC membiarkan Borneo lebih dominan dalam penguasaan bola.

Alhasil, tim tamu lebih banyak mendapatkan peluang. Beruntung, Arema memiliki Adilson Maringa, kiper asal Brasil itu yang tercatat tiga kali melakukan penyelamatan gemilang.

 

4 dari 6 halaman

Borneo Bisa Membalikkan Keadaan

Mengacu pada penampilan Borneo di kandang Arema, Yusrifar menilai Tim Pesut Etam berpeluang besar membalikkan keadaan pada leg kedua final Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, 17 Juli 2022.

Apalagi, tim asuhan Milomir Seslija tersebut dikenal ganas bila bermain di kandang sendiri. Ia mengacu hasil yang dicapai Borneo saat menjamu lawan di Samarinda pada Piala Presiden tahun ini.

 

5 dari 6 halaman

Produktif di Kandang

Dari enam laga, Matheus Pato dan kolega meraih lima kemenangan dan mengoleksi 12 gol. Terakhir, mereka melibas PSS Sleman empat gol tanpa balas pada Leg Pertama semifinal (11/7/2022).

"Borneo memiliki trio penyerang berkualitas baik. Di kandang sendiri, saya prediksi Pato atau Stefano kembali mencetak gol," tutur Yusrifar.

 

6 dari 6 halaman

Pato Tampil Lepas di Stadion Segiri

Khusus buat Pato, meski gagal menambah golnya di Stadion Kanjuruhan, striker berpaspor Brasil itu diyakini Yusrifar bakal tampil lepas di Stadion Segiri.

Apalagi, ia hampir dipastikan meraih gelar top skorer Piala Presiden 2022 dengan koleksi enam gol.

"Pato sebenarnya tampil baik di Kanjuruhan. Tapi, memang Adilson Maringa tampil cemerlang untuk mengamankan kemenangan Arema," pungkas Yusrifar.

Video Populer

Foto Populer