Sukses


Prediksi Final Piala AFF U-19 2022, Malaysia Vs Laos: Siap-siap Dapat Kejutan

Bola.com, Jakarta - Final Piala AFF U-19 2022 akan mempertemukan Timnas Malaysia U-19 melawan Laos U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022), pada pukul 20.00 WIB. 

Malaysia dan Laos adalah dua wakil dari Grup B. Di semifinal, mereka menyingkirkan dua wakil Grup A yang sebelumnya membuat Timnas Indonesia U-19 kandas, yakni Vietnam dan Thailand.

Malaysia mengalahkan Vietnam 3-0 melalui gol-gol Adam Farhan Faizal, Haiqal Haqeemi, dan Mohammad Haykal Danish Mohd Haizan.

Sementara itu, Laos menumbangkan Thailand 2-0 lewat gol-gol Peter Phanthavong dan Damoth Thongkhamsavath. Kedua tim akhirnya berjumpa di final Piala AFF U-19 2022

 

2 dari 5 halaman

Juara dan Runner-up Grup B Berjumpa di Partai Puncak

Laos adalah juara Grup B, sedangkan Malaysia lolos mendampingi sebagai runner-up. Laos finis dengan poin sempurna 12.

Malaysia menang dua kali, imbang sekali, dan kalah sekali. Satu-satunya kekalahan itu mereka dapatkan saat melawan Laos pada laga terakhir fase grup.

Waktu itu, Laos menaklukkan Malaysia 1-0. Gol tunggal dicetak oleh Phoutthavong Sangvilay lewat titik penalti. Jadi, siap-siap saja muncul kejutan pada laga final. 

 

3 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Malaysia (4-3-3): Syahmi Adib Haikal; Muhammad Zuryhakim, Muhammad Faiz, Adli Bin Ahmad Jamil, Danish Irfan Ezal; Omar Raiyan, Ziad El Basheer, Muhammad Haiqal; Adam Farhan, Muhammad Najmudin Akmal, Abdul Rahman Bin Daud Azizol.

Laos (4-2-3-1): Phounin Xayyasone; Phoutthavong Sangvilay, Anantaza Siphongphan, Saleunxay Phommavong, Vongsakda Chanthaleuxay; Chnathavixay Khounthoumphone, Sayfon Keohanam; Vongphachanh Phouthavong, Damoth Thongkhamsavath, Phonsack Seesavath; Peter Phanthavong.

 

4 dari 5 halaman

Pelatih Laos Kritik Suporter Indonesia

Sementara itu, pelatih Timnas Laos U-19, Michael Weiss, melontarkan komentar pedas terhadap suporter Timnas Indonesia U-19 yang cuma mau mendukung Merah Putih saja selama Piala AFF U-19 2022 berlangsung.

Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Cahya Supriadi dkk. kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand di Grup A meski unggul secara agresivitas gol.

Adapun Laos U-19 sukses melaju ke semifinal bersama Malaysia. Mereka kemudian mengalahkan Thailand U-19 dengan skor 2-0 untuk melaju ke final.

Pada final Piala AFF U-19 2022, Laos U-19 akan berhadapan dengan Malaysia U-19 yang pada laga lainnya mengalahkan Vietnam U-19 dengan skor meyakinkan 3-0.

 

5 dari 5 halaman

Membandingkan dengan Suporter Vietnam

Michael Weiss secara tersirat menyadari betul bahwa suporter Timnas Indonesia U-19 mendukung Laos U-19 pada fase gugur. Apalagi yang dihadapi adalah Thailand.

Seperti diketahui, suporter Timnas Indonesia U-19 kecewa berat lantaran Vietnam U-19 dan Thailand U-19 diduga kuat 'main sabun' demi lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

"Suporter Indonesia selalu ramai di media sosial, seharusnya mereka datang ke stadion. Di SEA Games kemarin saja suporter Vietnam memenuhi stadion berkapasitas 30 ribu penonton. Ini mana suporter Timnas Indonesia sekarang?" kata Michael Weiss.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, published 15/7/2022)

Video Populer

Foto Populer