Sukses


Unggul 1 Gol dari Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim, Nguyen Quoc Viet Jadi Top Scorer Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Bekasi - Penyerang Vietnam, Nguyen Quoc Viet, terpilih sebagai top skorer Piala AFF U-19 2022. Penghargaan itu diterima Nguyen Quoc Viet setelah tampil tajam sepanjang turnamen.

Nguyen Quoc Viet terpilih menjadi top skorer Piala AFF U-19 2022 setelah mengoleksi lima gol. Pemain asal Vietnam itu unggul satu gol dari duo Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim serta Peter Phanthavong asal Laos.

Sebaran lima gol yang dicetak Nguyen Quoc Viet terdiri dari empat gol di babak penyisihan dan satu gol pada babak perebutan tempat ketiga. Nguyen Quoc Viet tercatat dua kali menjebol gawang Filipina dan Myanmar, plus sekali menjebol gawang Thailand.

Meski demikian, ketajaman Nguyen Quoc Viet tak mampu membantu Vietnam menjadi juara Piala AFF U-19 2022. Pasukan Dinh The Nam harus puas meraih peringkat ketiga setelah mengalahkan Thailand melalui adu penalti dengan skor 5-3.

2 dari 5 halaman

Malaysia Juara

Gelar juara Piala AFF U-19 2022 diraih oleh Malaysia. Pada laga final yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022), Malaysia berhasil mengalahkan Laos dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Malaysia dibukukan oleh Faiz Amer (13') dan Aliff Izwan (76'). Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah.

Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018. Ketika itu, Malaysia menjadi juara usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3 pada turnamen yang juga digelar di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Pemain Terbaik

Sementara itu, penghargaan Pemain Terbaik Piala AFF U-19 2022 diraih oleh Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri. Kapten Malaysia itu terpilih karena menunjukkan penampilan gemilang sepanjang turnamen.

Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri tampil apik di lini tengah Malaysia. Sebagai kapten dan gelandang, Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri mampu menunjukkan penampilan yang gemilang sehingga mampu membawa timnya menjadi juara.

4 dari 5 halaman

Kiper Terbaik

Penghargaan Kiper Terbaik Piala AFF U-19 2022 diberikan pada Phounin Xayyasone. Kiper Laos itu tampil gemilang sepanjang turnamen dalam mengawal jala Laos.

Phounin Xayyasone tercatat hanya kebobolan empat gol dari enam pertandingan. Phounin Xayyasone memiliki naluri yang baik dalam membaca arah bola di bawah mistar gawang.

Kegemilangannya juga menjadi kunci laju mulus Laos ke final Piala AFF U-19 2022. Sayangnya, pada laga final Phounin Xayyasone kebobolan dua gol sehingga gagal memberikan gelar juara.

5 dari 5 halaman

Catatan Gol

Piala AFF U-19 2022 berlangsung dengan sangat ketat. Dalam 28 pertandingan yang dimainkan, menghadirkan 90 gol sejak babak penyisihan hingga final.

Artinya, terdapat rataan 3,21 gol yang terjadi per pertandingan. Jumlah tersebut memang masih kalah dari edisi sebelumnya pada 2019.

Ketika itu, terdapat 127 gol dari 34 pertandingan yang dimainkan. Artinya, terjadi rataan 3,74 gol pada setiap pertandingannya.

Video Populer

Foto Populer