Sukses


Piala AFF U-19 2022: Laos Waspadai Ledakan Timnas Indonesia pada Masa Depan

Bola.com, Bekasi - Pelatih Laos U-19, Michael Weiss, mewaspadai ledakan Timnas Indonesia pada masa depan. Menurut Weiss, Indonesia sudah berinvestasi banyak pada sepak bola.

Timnas Indonesia U-19 memang gagal berprestasi di Piala AFF U-19 2022. Namun, Weiss menilai Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dan layak masuk empat besar tim di Asia Tenggara.

"Biasanya ada empat atau tiga besar. Ada Indonesia yang belakangan sudah menginvestasikan banyak hal, termasuk mendatangkan pelatih asal Korea Selatan," kata Michael Weiss.

"Mereka kuat dan saya yakin juga akan menjadi ancaman ke depannya. Thailand dan Vietnam adalah tim bagus juga. Kemudian ada Malaysia yang tidak jauh dari mereka bertiga," ujar pelatih asal Jerman itu.

Laos tampil mengesankan selama Piala AFF U-19 2022 dengan meraih kemenangan pada lima laga. Namun, perjuangan Laos berakhir antiklimaks setelah kalah di final.

2 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Pelatih Laos U-19, Michael Weiss, juga mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan Piala AFF U-19 2022. Selain itu, Weiss juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Laos yang telah memberikan dukungan.

"Terima kasih untuk Indonesia terkait turnamen ini dan juga untuk jamuan dan keramahannya," ucap Michael Weiss.

"Terima kasih juga untuk masyarakat Laos atas dukungannya. Kami meraih kesuksesan di turnamen ini dan tidak ada yang percaya kami bisa sampai pada tahap ini yakni menjadi runner-up," ujar Michael Weiss.

3 dari 5 halaman

Malaysia Juara

Gelar juara Piala AFF U-19 2022 diraih oleh Malaysia. Pada laga final yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022), Malaysia berhasil mengalahkan Laos dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Malaysia dibukukan oleh Faiz Amer (13') dan Aliff Izwan (76'). Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah.

Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018. Ketika itu, Malaysia menjadi juara usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3 pada turnamen yang juga digelar di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Respons PSSI

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengenai Malaysia yang menjuarai Piala AFF U-19 2022 di Indonesia. Menurut Iriawan, Malaysia layak menjadi juara karena tampil bagus.

"Kami harus realistis. Sekarang menang lawan Laos, kemarin menang lawan Vietnam. Kami harus mengakui itu yang terjadi di sepak bola," kata Mochamad Iriawan.

Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah. Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018.

5 dari 5 halaman

Pilih Merendah

Pelatih Malaysia U-19, Hassan Sazali, merendah setelah membantu timnya menjuarai Piala AFF U-19 2022. Menurut Hassan, persiapan timnya jauh tertinggal dari yang dimiliki Timnas Indonesia U-19.

Penilaian itu diungkapkan Hassan Sazali saat membandingkan persiapan Malaysia dengan Timnas Indonesia U-19. Menurut Hassan Sazali, persiapan Timnas U-19 lebih baik dan terstruktur karena sampai mengikuti turnamen Toulon Cup 2022 di Prancis.

"Timnas Indonesia U-19 memiliki persiapan yang rapi. Kalau saya bandingkan dengan persiapan tim kami, saya rasa Indonesia lebih unggul karena telah menjelajah Eropa," kata Hassan Sazali.

Video Populer

Foto Populer