Sukses


Angkat Trofi Piala AFF U-19 2022 di Indonesia, Pelatih Malaysia Banyak Bersyukur

Bola.com, Bekasi - Pelatih Timnas Malaysia U-19, Hassan Sazali, sangat bersyukur timnya bisa menjuarai Piala AFF U-19 2022. Menurut Hassan, tanah Indonesia memberikan berkah untuk Tim Harimau Muda.

Malaysia menjuarai Piala AFF U-19 2022 setelah mengalahkan Laos dengan skor 2-0 pada final yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (15/7/2022). Gol kemenangan Malaysia dicetak Faiz Amer (13') dan Aliff Izwan (76').

Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah setelah 2018. Uniknya, Malaysia ketika itu juga mengangkat trofi saat turnamen tersebut digelar di Indonesia.

"Syukur Alhamdulillah, tanah Indonesia memberi kejuaraan bagi pasukan ini lagi," kata Hassan Sazali.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Memberi Berkah

Bagi Hassan Sazali, Piala AFF U-19 2022 bukan pertama kalinya dia merasakan juara di Indonesia. Dia ternyata pernah membantu Timnas Malaysia U-23 menjuarai SEA Games 2011 di Indonesia.

Ketika itu, Hassan Sazali menjadi asisten pelatih Ong Kim Swee. Hassan bersyukur bisa kembali angkat trofi di Indonesia.

"Bukan hanya di Piala AFF U-19, akan tetapi saya juga menikmati kejayaan di Malaysia U-23 pada SEA Games 2011. Ketika itu kami juara bersama pelatih Datuk Ong Kim Swee," kenang Hassan Sazali.

3 dari 5 halaman

Pilih Merendah

Hassan Sazali juga merendah setelah membantu timnya menjuarai Piala AFF U-19 2022. Menurut Hassan Sazali, persiapan timnya jauh tertinggal dari yang dimiliki Timnas Indonesia U-19.

Penilaian itu diungkapkan Hassan Sazali saat membandingkan persiapan Malaysia dengan Timnas Indonesia U-19. Menurutnya, persiapan Timnas U-19 lebih baik dan terstruktur karena sampai mengikuti turnamen Toulon Cup 2022 di Prancis.

"Timnas Indonesia U-19 memiliki persiapan yang rapi. Kalau saya bandingkan dengan persiapan tim kami, saya rasa Indonesia lebih unggul karena telah menjelajah Eropa," kata Hassan Sazali.

4 dari 5 halaman

Ingin Belajar

Hassan Sazali berharap timnya bisa belajar dari Timnas Indonesia U-19. Menurut Hassan Sazali, pihaknya bersedia melakukan laga uji coba melawan Timnas U-19 jelang berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-20 2023.

"Sebelum berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-20 2023, mungkin tidak salah bila kita mengadakan pertandingan serumpun antara Malaysia dan Indonesia," ucap Hassan Sazali.

"Saya rasa ada hal positif yang bisa diambil Malaysia. Mengingat Timnas U-19 telah belajar hingga ke Eropa," tegas Hassan Sazali.

5 dari 5 halaman

Respons PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengenai Malaysia yang menjuarai Piala AFF U-19 2022 di Indonesia. Menurut Iriawan, Malaysia layak menjadi juara karena tampil bagus.

"Kami harus realistis. Sekarang menang lawan Laos, kemarin menang lawan Vietnam. Kami harus mengakui itu yang terjadi di sepak bola," kata Mochamad Iriawan.

Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah. Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer