Sukses


Penyelenggaraan Piala AFF U-19 2022 Aman dan Lancar, Indonesia Dapat Banyak Pujian

Bola.com, Bekasi - Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Indonesia resmi berakhir pada Jumat (15/7/2022). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut seluruh peserta puas dengan penyelenggaraan yang aman dan lancar.

Menurut Mochamad Iriawan, Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), Khiev Sameth, Presiden Federasi Sepak Bola Laos, Viphet Sihachakr, dan Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia, Mohd Joehari Mohd Ayub, puas dengan penyelengaraan Piala AFF U-19 2022.

"Alhamdulillah diberikan apresiasi oleh Presiden AFF, Presiden Laos, dan Vice President Malaysia. Indonesia menjadi tuan rumah yang baik," kata Mochamad Iriawan.

"Kendaraan, keamanan, hotel, makanan, suporter Malaysia kami jaga. Kami memang berkomitmen agar penyelenggaraan sukses," ujar Iriawan.

Keberhasilan menyelenggarakan Piala AFF U-19 2022 bisa menjadi role model untuk event selanjutnya yang akan digelar di Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Mei tahun depan.

2 dari 5 halaman

Tetap Maksimal

Mochamad Iriawan menegaskan, pihaknya tetap maksimal menyelenggarakan Piala AFF U-19 2022 meskipun Timnas Indonesia U-19 gagal berprestasi. Ini dilakukan demi kenyamanan semua peserta.

"Kami telah memberikan yang terbaik, apapun hasil dari tim kami," tegas Mochamad Iriawan.

Timnas Indonesia U-19 hanya sampai babak penyisihan Grup Piala AFF U-19 2022. Timnas U-19 finis di posisi ketiga dan gagal lolos ke semifinal karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

3 dari 5 halaman

Malaysia Juara

Gelar juara Piala AFF U-19 2022 diraih oleh Malaysia. Pada laga final yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022), Malaysia berhasil mengalahkan Laos dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Malaysia dibukukan oleh Faiz Amer (13') dan Aliff Izwan (76'). Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah.

Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018. Ketika itu, Malaysia menjadi juara usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3 pada turnamen yang juga digelar di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Respons PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengenai Malaysia yang menjuarai Piala AFF U-19 2022 di Indonesia. Menurut Iriawan, Malaysia layak menjadi juara karena tampil bagus.

"Kami harus realistis. Sekarang menang lawan Laos, kemarin menang lawan Vietnam. Kami harus mengakui itu yang terjadi di sepak bola," kata Mochamad Iriawan.

Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah. Uniknya, pada 2018 ketika menjadi juara Piala AFF U-19, Malaysia juga melakukannya saat Indonesia menjadi tuan rumah.

5 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Pelatih Laos U-19, Michael Weiss, juga mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan Piala AFF U-19 2022. Selain itu, Weiss juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Laos yang telah memberikan dukungan.

"Terima kasih untuk Indonesia terkait turnamen ini dan juga untuk jamuan dan keramahannya," ucap Michael Weiss.

"Terima kasih juga untuk masyarakat Laos atas dukungannya. Kami meraih kesuksesan di turnamen ini dan tidak ada yang percaya kami bisa sampai pada tahap ini yakni menjadi runner-up," ujar Michael Weiss.

Video Populer

Foto Populer