Sukses


Timnas Malaysia Dituduh Melakukan Pencurian Umur Pasca-Menjuarai Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Kuala Lumpur - Kabar tidak sedap menerjang Timnas Malaysia U-19 setelah menjuarai Piala AFF U-19 2022. Sang kapten, Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri, dituduh memiliki usia yang lebih tua dari batas persyaratan untuk tampil pada turnamen tersebut.

Kabar itu diembuskan oleh media Vietnam, The Thao 247. Berbekal unggahan foto dari sebuah akun bernama Happy World yang menunjukkan foto Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri.

Dalam foto yang diunggah pada 2019 itu diketahui sosok mirip Ahmad Aysar sudah bermain sebagai pesepak bola profesional sejak 2016.

Selain foto di dalam lapangan, terdapat pula foto yang diduga mirip sang pemain berada di luar lapangan. Dalam foto yang ada semakin menunjukkan Ahmad Aysar memiliki usia lebih tua dari 19 tahun.

"Orang yang dicurigai adalah kapten Aysar Hadi. Di dokumen AFF, Aysar Hadi lahir pada 2003, akan tetapi banyak orang yang percaya pemain yang mengenakan nomor punggung 13 itu telah menipu usianya," tulis The Thao 247.

2 dari 5 halaman

Sesuai Umur

Tuduhan yang diembuskan media Vietnam berbanding terbalik dengan data yang ada di situs transfer dunia, Transfermarkt. Di sana diketahui Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri saat ini masih berusia 18 tahun.

Dalam informasi yang ada, Ahmad Aysar disebut lahir pada 4 September 2003. Saat ini, dia tercantum membela Johor Darul Ta'zim II.

Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri juga disebut membela Timnas Malaysia U-19. Namun, tak ada data lanjutan yang terdapat pada kolom profil dari Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri.

3 dari 5 halaman

Belum Ada Respons

Sampai berita ini diturunkan, belum ada respons dari Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) atau Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) terkait tuduhan tersebut. Kedua pihak harus tampil untuk memberikan pernyataan karena ini merupakan tuduhan serius.

Selain itu, Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri juga harus memberikan klarifikasi terhadap tuduhan yang dialamatkan padanya. Apalagi turnamen kelompok umur menjadi yang paling rawan terjadinya pencurian umur. 

4 dari 5 halaman

Jadi Pemain Terbaik

Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Piala AFF U-19 2022. Kapten Malaysia itu terpilih karena menunjukkan penampilan gemilang sepanjang turnamen.

Dia tampil apik di lini tengah Malaysia. Sebagai kapten dan gelandang, Ahmad Aysar mampu menunjukkan penampilan yang gemilang sehingga membawa timnya menjadi juara.

5 dari 5 halaman

Jadi Batu Loncatan

Sementara itu, Ahmad Aysar mengaku menjadikan Piala AFF U-19 2022 sebagai batu loncatan dalam kariernya. Dia berharap, usai menjuarai Piala AFF U-19 bersama Timnas Malaysia kariernya bisa semakin melejit.

"Saya akan tetap bekerja keras untuk menempa diri demi skuad JDT dan juga negara," kata Ahmad Aysar seperti dikutip Berita Harian.

"Saya akan jadikan AFF sebagai satu titik permulaan untuk kehidupan dan karier sebagai pesepak bola," tegasnya. 

Video Populer

Foto Populer