Sukses


3 Fakta Keberhasilan Arema FC Menjuarai Piala Presiden 2022: Parkir Pesawat Walau Punya Kiper Berkualitas

Bola.com, Samarinda - Arema FC berhasil mempertahankan gelar juara Piala Presiden. Mereka menahan imbang Borneo FC tanpa gol di leg kedua final Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (17/7/2022).

Arema FC berhasil menjadi juara karena menang 1-0 dalam leg pertama pertandingan final Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Gelar ini jadi yang ketiga bagi Arema FC di ajang Piala Presiden 2022. Mereka sebelumnya keluar jadi juara pada 2017 dan 2019. Ini menjadikan tim berjulukan Singo Edan itu menjadi tim paling banyak menjuarai turnamen pramusim tersebut.

Dalam leg kedua final Piala Presiden 2022, sebenarnya Arema FC mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari Borneo FC. Arema FC tidak punya shot on target dalam laga ini, karena mereka sibuk mengadang serangan tuan rumah.

Lantas apa yang membuat Arema FC bisa keluar jadi juara? Berikut 3 kunci permainan Singo Edan:

2 dari 5 halaman

Strategi Parkir Pesawat

Dalam leg kedua pertandingan final Piala Presiden 2022 ini, sudah diprediksi Borneo FC bakal menyerang lokal. Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, sebenarnya ingin membuat timnya memberikan perlawanan dengan serangan balik cepat andalannya. Namun, itu sulit terlihat karena gempuran tim tuan rumah

Apa yang disampaikan Eduardo Almeida setelah leg pertama final Piala Presiden 2022 di Malang menjadi kenyataan. Dia tidak hanya membuat skema parkir bus, tapi parkir pesawat.

Sebenarnya komentar itu hanya bercanda untuk mencairkan suasana. Namun, justru jadi kenyataan. Hampir semua pemain jatuh bangun demi memutus serangan Borneo FC.

Pada babak kedua, Arema FC ingin memberikan perlawanan. Evan Dimas, Irsyad Maulana, dan M. Rafli dimasukkan untuk memanfaatkan celah di pertahanan Borneo FC yang terus menekan. Tapi, peluang yang didapatkan juga tidak bisa membuahkan gol.

Terlepas dari hal tersebut, sejak ditangani Almeida, Arema FC jadi tim yang punya pertahanan tangguh. Dalam sesi latihan, sistem pertahanan selalu ditempa keras, sehingga mereka bisa menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Piala Presiden, yaitu tiga gol dalam 8 laga.

3 dari 5 halaman

Mental untuk Menjuarai Turnamen Piala Presiden

Tidak bisa dimungkiri Arema FC punya mental juara, khususnya untuk ajang turnamen. Ini menjadi kali ketiga Singo Edan meraih gelar juara Piala Presiden 2022.

Koleksi terbanyak di antara tim lainnya. Hanya saja di Liga 1, mental ini belum terlihat, karena terakhir kali Arema FC menjadi juara adalah di kompetisi 2010.

Perlu diketahui, sistem turnamen yang pendek dan jadwal yang padat seperti ini sudah menjadi makanan pemain Arema FC. Ahmad Alfarizi dkk. terbiasa dengan hal tersebut.

Ketika tim lain keteteran, mereka masih bisa konsisten. Sekalipun di laga pembuka turnamen Piala Presiden, Arema FC sempat kalah dari PSM Makassar di Grup D.

4 dari 5 halaman

Punya Kiper Berkualitas

Keberhasilan Arema FC menjadi juara di Piala Presiden 2022 tidak lepas dari peran kiper asingnya, Adilson Maringa. Pantas jika dia terpilih jadi pemain terbaik dalam turnamen ini.

Pada leg kedua final Piala Presiden 2022 di Samarinda, Adilson Maringa menyelamatkan dua shot on target Borneo FC. Sedangkan dalam leg pertama pertandingan final, dia menyelamatkan tiga peluang emas Borneo FC di Malang.

Andaikan bukan Maringa yang bermain di bawah mistar gawang Arema FC, mungkin ceritanya akan berbeda. Bukan mengesampingkan kinerja sistem pertahanan Arema FC, tapi Maringa bisa memberikan ketenangan bagi pemain lain.

Hal ini sudah diperlihatkan Maringa sejak BRI Liga 1 2021/2022.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Arema FC di Piala Presiden 2022

Grup D

11 Juni 2022 - Arema FC 0-1 PSM Makassar

15 Juni 2022 - Persik Kediri 0-1 Arema FC

19 Juni 2022 - Persikabo 1973 0-1 Arema FC

Perempat Final

3 Juli 2022 - Arema FC 0-0 Barito Putera (Pen 5-4)

Semifinal

7 Juli 2022 - PSIS Semarang 0-2 Arema FC

11 Juli 2022 - Arema FC 2-1 PSIS Semarang

Final

14 Juli 2022 - Arema FC 1-0 Borneo FC

17 Juli 2022 - Borneo FC 0-0 Arema FC

Video Populer

Foto Populer