Sukses


3 Agenda Timnas Indonesia yang Menunggu Shin Tae-yong Setelah Cuti: Sibuk hingga Akhir Tahun

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapatkan cuti dari PSSI. Setelah masa cuti berakhir, pelatih asal Korea Selatan itu ditunggu jadwal padat bersama tim senior dan junior.

Shin Tae-yong bakal mudik ke Korea Selatan pada 20 Juli 2022. Kepergian pelatih berusia 51 tahun tu akan dilakukan setelah melakukan evaluasi Timnas Indonesia U-19 bersama PSSI.

"Kalau tidak salah, tanggal 20. Habis evaluasi hasil, malamnya berangkat," kata Iriawan.

Shin Tae-yong disebut meminta waktu panjang untuk menghabiskan cuti tahun ini. Itu dilakukan karena Shin Tae-yong sudah lama berpisah dengan keluarganya di Korea Selatan karena sibuk dengan Timnas Indonesia.

"Hampir sebulan Shin Tae-yong minta waktu istirahat. Cuti tahun ini dihabiskan," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

 

2 dari 4 halaman

Dinanti Agenda Padat

Setelah merampungkan cutinya, Shin Tae-yong bakal memiliki jadwal padat bersama Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia. Agenda terdekat adalah memimpin Timnas U-19 tampil di kualifikasi Piala Asia U-20 pada 10 sampai 18 September mendatang.

Namun, sebelumnya Timnas Indonesia U-19 bakal menggelar pemusatan latihan di Eropa. Rencananya, Tim Garuda Nusantara akan berada di Benua Biru untuk menjalani latihan dan menggelar sejumlah uji tanding.

Setelah memimpin Timnas U-19, Shin Tae-yong memasuki periode FIFA Matchday bersama Timnas Indonesia pada 19-27 September 2022.

Pada akhir tahun, eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut bakal memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang jadwalnya masih belum ditetapkan.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Keteteran

Shin Tae-yong mengatakan tidak keteteran menangani tiga kelompok Timnas Indonesia sekaligus. Dia mengakui pekerjaan ini memang melelahkan, tetapi terbayar dengan proses dan hasilnya.

"Sampai saat ini tidak ada masalah. Dengan begitu, saya bisa menemukan sepak bola yang cocok untuk Timnas Indonesia," terang Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

"Saya memang merasa lelah, tapi bagus bisa mengamati perkembangan dari kelompok usia ke senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Agenda Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia U-19

  • Kualifikasi Piala Asia U-20 pada 10-18 September 2022.

Timnas Indonesia

  • FIFA Matchday pada 19-27 September 2022
  • Piala AFF 2022 pada Desember 2022

Video Populer

Foto Populer