Sukses


Indonesia dan 3 Negara Lain Resmi Jadi Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023: Siapa Paling Berpeluang?

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk empat negara kandidat tuan rumah Piala Asia 2023. Ada Indonesia, Australia, Qatar, dan Korea Selatan.

Piala Asia 2023 sedianya digelar di China. Karena masalah pandemi corona, mereka mengundurkan diri sebagai tuan rumah.

AFC lantas menerbitkan surat undangan berisikan ajakan bagi negara anggota federasi (MAs) mendaftarkan diri sebagai tuan rumah. Mengingat Kualifikasi Piala Asia 2023 sudah usai, AFC mewajibkan syarat utama kandidat adalah para MAs yang sudah lolos.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah bersaing ketat dengan Nepal, Yordania, dan Uni Emirat Arab.

 

2 dari 5 halaman

Bidding Telah Ditutup, Empat Negara Masuk Daftar Kandidat

Adapun batas pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023 adalah pada 31 Mei 2022 hingga 15 Juli 2022. AFC kemudian mendapatkan empat negara.

Selain Indonesia, tiga tim lainnya yang menjadi pesaing Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 adalah Korea Selatan, Australia, dan Qatar.

"AFC telah menerima ketertarikan dari empat anggota AFC untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023," tulis AFC di situsnya.

 

3 dari 5 halaman

Ditentukan pada Oktober 2022

AFC akan mengevaluasi penawaran dari empat calon tuan rumah oleh Administrasi AFC sebelum diambil keputusan pada Oktober 2022 oleh Komite Eksekutif (Exco).

Sampai hari yang telah ditetapkan, para kandidat dipersilahkan untuk melakukan persiapan, mulai dari penetapan stadion dan kelengkapan-kelengkapan lainnya.

"Evaluasi keseluruhan dari penawaran akan dilakukan oleh Administrasi AFC sebelum pemilihan dan pengumuman tuan rumah oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022," bunyi pernyataan AFC.

 

4 dari 5 halaman

Peluang Qatar dan Australia

Piala Asia 2023 rencananya digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Dari sini sebenarnya sudah bisa terlihat siapa kandidat terkuat yang bisa menyelenggarakan event sepak bola tertinggi Asia tersebut.

Australia misalnya, akan jadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023 bersama Selandia Baru pada waktu yang berbenturan. Sementara Qatar, meski tidak ada agenda, kecil kemungkinan lantaran suhu panas pada periode Mei-Juni.

AFC mungkin bersedia memundurkan jadwal, tapi peluangnya sangat kecil karena bakal memengaruhi agenda sepak bola lainnya di belahan bumi lainnya. Adapun Qatar akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 November tahun ini.

 

5 dari 5 halaman

Bagaimana Peluang Indonesia dari Korea Selatan?

Sementara Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Kemungkinan cukup besar karena terdapat jeda sekitar lima hari.

Korea Selatan, di sisi lain, adalah kandidat paling kuat. Selain tidak ada agenda sepak bola yang berdekatan atau bertabrakan, soal infrastruktur tidak perlu ditanyakan lagi.

Ambisi besar juga tengah dilakukan Korea Selatan mengingat kali terakhir mereka menjadi tuan rumah Piala Asia adalah pada 1960. Sementara Indonesia menjadi tuan rumah edisi 2007 bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Video Populer

Foto Populer