Sukses


Kapten Malaysia U-19 Dituduh Mencuri Umur pada Piala AFF U-19 2022, Media Negeri Jiran Murka

Bola.com, Kuala Lumpur - Media Malaysia, Majoriti, murka terkait tuduhan pencurian umur yang menimpa kapten Timnas Malaysia U-19, Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri. Menurut mereka, tuduhan tersebut tak berdasar dan mengada-ada.

Kabar tidak sedap itu beredar usai final Piala AFF U-19 2022, Jumat (17/7/2022). Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri yang sukses membantu Timnas Malaysia U-19 dituduh memiliki usia yang tak sebenarnya.

Tuduhan itu datang dari oknum suporter Laos yang menggunakan akun media sosial Facebook, Happy World. Berbekal bukti foto lawas, oknum tersebut menuduh usia Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri sudah lebih dari 19 taun.

Foto tersebut berasal dari unggahan tahun 2016. Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri terlihat sedang bermain sebagai pesepak bola profesional.

2 dari 5 halaman

Tak Berdasar

Dalam berita yang tayang pada 17 Juli 2022, Majoriti memastikan Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri tidak melakukan pencurian umur. Aysar Hadi disebut berasal dari akademi JDT II bersama pemain lainnya di Timnas Malaysia U-19.

"Dari hasil penelusuran di situs Transfermark, tudingan pencurian usia yang dari suporter Laos merupakan tuduhan palsu terhadap Aysar Hadi. Di situs tersebut, dia baru berusia 18 tahun," tulis Majoriti.

"Aysar Hadi juga merupakan warga asli Johor yang berasal dari Kulai dan merupakan produk akademi JDT II bersama beberapa pemain lainnya seperti Zulhilmi Sharani, Danial Hakim Deraman dan Adam Farhan Mohd Faizal," tulis mereka.

3 dari 5 halaman

Sesuai Umur

Tuduhan yang diembuskan memang berbanding terbalik dengan data yang ada di situs transfer dunia, Transfermarkt. Di sana diketahui Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri saat ini masih berusia 18 tahun.

Dalam informasi yang ada, Ahmad Aysar disebut lahir pada 4 September 2003. Saat ini, dia tercantum membela Johor Darul Ta'zim II.

Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri juga disebut membela Timnas Malaysia U-19. Namun, tak ada data lanjutan yang terdapat pada kolom profil dari Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri.

4 dari 5 halaman

Pemain Terbaik Piala AFF U-19 2022

Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Piala AFF U-19 2022. Kapten Malaysia itu terpilih karena menunjukkan penampilan gemilang sepanjang turnamen.

Dia tampil apik di lini tengah Malaysia. Sebagai kapten dan gelandang, Ahmad Aysar mampu menunjukkan penampilan yang gemilang sehingga membawa timnya menjadi juara.

5 dari 5 halaman

Batu Loncatan

Ahmad Aysar mengaku menjadikan Piala AFF U-19 2022 sebagai batu loncatan dalam kariernya. Dia berharap, usai menjuarai Piala AFF U-19 bersama Timnas Malaysia kariernya bisa semakin melejit.

"Saya akan tetap bekerja keras untuk menempa diri demi skuad JDT dan juga negara," kata Ahmad Aysar seperti dikutip Berita Harian.

"Saya akan jadikan AFF sebagai satu titik permulaan untuk kehidupan dan karier sebagai pesepak bola," tegasnya. 

Video Populer

Foto Populer