Sukses


Pernah Diremehkan dan Kini Bawa Tim Juara Piala AFF U-19 2022, Pelatih Malaysia U-19 Berlinang Air Mata di Bandara

Bola.com, Selangor - Piala AFF U-19 2022 menyisakan cerita haru dari pelatih Timnas Malaysia U-19, Hassan Sazali. Saat tiba di negaranya, Hassan Sazali tak kuasa menahan tangis saat menjawab pertanyaan dari awak media.

Timnas Malaysia U-19 tiba di negaranya pada Sabtu (16/7/2022). Pasukan Hassan Sazali mendapatkan sambutan meriah dari suporter dan awak media yang datang ke Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Pelatih Hassan Sazali tanpa kelelahan langsung meladeni permintaan wawancara dari awak media. Suasana gembira akhirnya berubah menjadi haru ketika Hassan Sazali menjawab pertanyaan dari wartawan.

"Pada awal turnamen, banyak pihak yang menyebut coach bukan sosok yang tepat untuk Timnas Malaysia U-19, ada keraguan. Akan tetapi, coach bisa membuktikan dengan pencapaian ini. Apakah coach ada kepuasan sendiri dengan pencapaian ini?" tanya seorang awak media.

2 dari 5 halaman

Berlinang Air Mata

Hassan Sazali yang awalnya menjawab dengan mantap akhirnya sempat terdiam. Air mata pelatih Timnas Malaysia U-19 itu kemudian tumpah dan sesekali dia menyekanya sambil menjawab pertanyaan.

"Alhamdulillah dengan kerja sama dari semua pihak terutama dari pemain dan juga federasi, yang telah memberikan kepercayan pada saya," ucap Hassan Sazali.

"Membimbing skuad U-19 ini menjadi pembuktian buat saya. Kita juga tidak kekurangan bakat untuk memimpin pemain ke level kejayaan," ujar Hassan Sazali sembari terbata-bata.

3 dari 5 halaman

Jadi Juara

Gelar juara Piala AFF U-19 2022 diraih oleh Malaysia. Pada laga final yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022), Malaysia berhasil mengalahkan Laos dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Malaysia dibukukan oleh Faiz Amer (13') dan Aliff Izwan (76'). Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah.

Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018. Ketika itu, Malaysia menjadi juara usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3 pada turnamen yang juga digelar di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Memberi Berkah

Bagi Hassan Sazali, Piala AFF U-19 2022 bukan pertama kalinya dia merasakan juara di Indonesia. Dia ternyata pernah membantu Timnas Malaysia U-23 menjuarai SEA Games 2011 di Indonesia.

Ketika itu, Hassan Sazali menjadi asisten pelatih Ong Kim Swee. Hassan bersyukur bisa kembali angkat trofi di Indonesia.

"Bukan hanya di Piala AFF U-19, akan tetapi saya juga menikmati kejayaan di Malaysia U-23 pada SEA Games 2011. Ketika itu kami juara bersama pelatih Datuk Ong Kim Swee," kenang Hassan Sazali.

5 dari 5 halaman

Pilih Merendah

Hassan Sazali juga merendah setelah membantu timnya menjuarai Piala AFF U-19 2022. Menurut Hassan Sazali, persiapan timnya jauh tertinggal dari yang dimiliki Timnas Indonesia U-19.

Penilaian itu diungkapkan Hassan Sazali saat membandingkan persiapan Malaysia dengan Timnas Indonesia U-19. Menurutnya, persiapan Timnas U-19 lebih baik dan terstruktur karena sampai mengikuti turnamen Toulon Cup 2022 di Prancis.

"Timnas Indonesia U-19 memiliki persiapan yang rapi. Kalau saya bandingkan dengan persiapan tim kami, saya rasa Indonesia lebih unggul karena telah menjelajah Eropa," kata Hassan Sazali.

Video Populer

Foto Populer