Sukses


Ulasan 18 Pelatih BRI Liga 1 2022 / 2023: 2 Pendatang Baru, Rotasi Wajah Lama dan Rawan Goyangan

Bola.com, Jakarta - 18 tim peserta BRI Liga 1 2022/2023 bakal memulai perjuangan mengarungi kompetisi kasta tertinggi Indonesia pada Sabtu (23/7/2022).

Duel tuan rumah PSIS Semarang kontra RANS Nusantara FC di Stadion Stadion Jatidiri, Semarang jadi laga pembuka musim ini.Menghadapi persaingan sengitnya persaingan sepanjang musim ini, 18 tim kontestan melakukan persiapan serius.

Satu di antaranya memakai jasa pelatih yang dinilai mampu mewujudkan target tim. Mengacu pada daftar nama pelatih BRI Liga 1 2022/2023, ada tujuh tim yang tetap mempertahankan pelatih lamanya yakni Bali United, Arema FC, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United dan RANS Nusantara.

Khusus buat RANS Nusantara, tim milik pesohor Raffi Ahmad kembali memakai jasa Rahmad Darmawan yang sempat ke Barito Putera usai membawa Hamka Hamzah dan kolega promosi ke BRI Liga 1. 

Meski menjadi bagian dari sukses Persis Solo meraih trofi juara Liga 2 2021, nama Jacksen Tiago masuk dalam daftar pelatih baru musim ini. Karena, saat itu status Jacksen di Persis adalah manajer, sedang pelatihnya adalah Eko Purjianto.

2 dari 7 halaman

Pelatih Berpengalaman

Sosok Rahmad dan Jacksen mewakili keinginan manajemen tim yang tetap percaya dengan kemampuan pelatih berpengalaman di kompetisi Indonesia. Di antaranya Bhayangkara FC yang merekrut Widodo C. Putro dari Persita Tangerang.

Posisi Widodo di Persita kemudian diambil alih oleh Angel Alfredo Vera (Argentina) yang terakhir menangani Persipura.

Status kontrak diputus saat kompetisi berjalan tak membuat pamor sejumlah pelatih memudar. Sebut saja Djajang Nurjaman, eks pelatih Barito Putera yang kini menangani Persikabo 1973.

Begitu pun dengan Dejan Atonic, pelatih asal Serbia itu direkrut Barito Putera setelah sempat menangani PSS Sleman pada putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022.

Nasib sama dialami Milomir Seslija yang didepak PSM Makassar di pengujung paruh pertama musim lalu. Kini, pria berpaspor Bosnia itu berstatus pelatih Borneo yang baru saja membawa tim Pesut Etam menembus final Piala Presiden 2022.

3 dari 7 halaman

Nama-nama Lama Kembali

Selain nama-nama tersebut di atas, ada juga Seto Nurdiantoro yang kembali berlabuh ke PSS, eks pelatih Persiraja, Sergio Aparecido Alexandre (Brasil) kini menangani PSIS Semarang serta Nilmaizar jadi arsitek Dewa United.

Mereka akan beradu strategi dengan pelatih yang dipertahankan timnya yakni Eduardo Almeida (Portugal/Arema FC), Stefano Cugurra (Brasil/Bali United), Robert Alberts (Belanda/Persib), Aji Santoso (Persebaya), Fabio Lefundes (Brasil/Madura United) dan Javier Roca (Chile/Persik Kediri).

4 dari 7 halaman

Pendatang Baru: Thomas Doll

BRI Liga 1 2022/2023 juga diwarnai dengan hadirnya dua pelatih anyar yakni Thomas Doll (Jerman/Persija Jakarta) dan Bernardo Tavares (Portugal/PSM Makassar).

Meski baru pertama kali berkiprah di Indonesia, Doll dan Tavares sama-sama menanggung ekpektasi tinggi dari manajemen dan suporter tim masing-masing. Apalagi, pengalaman keduanya sebagai pelatih terbilang baik.

Doll misalnya, eks pemain timnas Jerman ini pernah membawa Hamburg SV meraih Piala Intertoto 2005. Ia juga pernah menangani tim elite Jerman, Borussia Dortmund, Al-Hilal (Arab Saudi), Ferencvaros (Hungaria) dan APOEL (Siprus).

Rekam jejak itu membuat manajemen Persija tetap percaya dengan kemampuan Doll meski Macan Kemayoran tak berdaya di Piala Presiden 2022. Apalagi, pada laga ujicoba terakhir, Persija yang tampil dengan materi terbaiknya tampil menawan saat melibas RANS Nusantara dengan skor 4-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (16/7/2022).

5 dari 7 halaman

Pendatang Baru: Bernardo Tavares

Sementara Tavares yang musim lalu menangani HIFK Fotboll (Finlandia) dinilai mampu mengangkat penampilan pemain muda di PSM. Meski masih berusia 42, pengalaman Tavares sebagai pelatih terbilang berwarna.

Selain di Portugal, Tavares pernah berkiprah di Liga Bahrain, Oman, India, dan Makau. Ia juga pernah mengecap atmosfer Liga Champions Asia bersama Al-Nahda (Oman).

Sejauh ini, kehadiran Tavares berdampak positif buat PSM yang ditinggal pergi sejumlah pilarnya. Meski didominasi muka baru, PSM mampu menembus 8 Besar Piala Presiden 2022 dan semifinal Piala AFC 2022 zona Asean.

6 dari 7 halaman

Rawan Goyangan

Berkaca pada musim sebelumnya, Liga 1 dikenal sebagai sebagai 'kuburan' buat pelatih yang dinilai gagal memenuhi asa suporter tim. Contoh pada BRI Liga 1 2021/2022 tercatat ada 12 dari 18 tim peserta yang melakukan pergantian pelatih saat kompetisi masih berjalan.

Mereka adalah Persik Kediri, Borneo FC, PSIS Semarang, Madura United, Barito Putera, Persipura, PSS Sleman, Persela, Persiraja, PSM Makassar, Persela Lamongan dan Persija Jakarta.

Musim ini tercatat 12 pelatih asing yang menangani tim BRI Liga 1 2022/2023. Brasil jadi penyumbang terbanyak yakni empat orang menyusul Portugal (2), Argentina, Chile, Jerman, Belanda, Bosnia, dan Serbia masing-masing satu pelatih.

7 dari 7 halaman

Daftar Pelatih dari 18 Klub BRI Liga 1 2022 / 2023

1. Arema FC: Eduardo Almeida (Portugal)

2. Bali United: Stefano Cugurra (Brasil)

3. Barito Putera: Dejan Antonic (Serbia)

4. Bhayangkara FC: Widodo C. Putro

5. Borneo FC Samarinda: Milomir Seslija (Bosnia)

6. Dewa United FC: Nil Maizar

7. Madura United: Fabio Lefundes (Brasil)

8. Persebaya Surabaya: Aji Santoso

9. Persib Bandung: Robert Alberts (Belanda)

10. Persija Jakarta: Thomas Doll (Jerman)

11. Persik Kediri: Javier Roca (Chile)

12. Persikabo 1973: Djadjang Nurdjaman

13. Persis Solo: Jacksen F. Tiago (Brasil)

14. Persita Tangerang: Angel Alfredo Vera (Argentina)

15. PSIS Semarang: Sergio Aparecido Alexandre (Brasil)

16. PSM Makassar: Bernardo Tavares (Portugal)

17. PSS Sleman: Seto Nurdiantoro

18. RANS Nusantara FC: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer