Sukses


Media Vietnam Kepo dengan Rencana PSSI Tinggalkan AFF dan Gabung Federasi Asia Timur

Bola.com, Jakarta - Sejumlah media Vietnam penasaran dengan kemungkinan PSSI meninggalkan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (ASEAN) untuk bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Seorang jurnalis dari media Vietnam, Soha.vn menghubungi Bola.com untuk meminta pendapat tentang kemungkinan keseriusan PSSI keluar dari AFF dan masuk ke EAFF.

Soha dan media Vietnam lain semisal The Thao 24 belakangan kerap mengabarkan mengutip pemberitaan dari media di Indonesia, terutama Bola.com terkait rencana itu.

The Thao 247 pada Kamis (21/7/2022) menerbitkan berita berjudul 'Indonesia Diterima oleh Jepang dan Korea Selatan jika Keluar dari AFF'.

Media Vietnam itu mengambil wawancara wartawan Indonesia dengan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan yang menyebut bahwa 'EAFF senang jika Indonesia bergabung'.

2 dari 6 halaman

Duduk Perkara

Sebelumnya, Timnas Indonesia berpeluang berpindah asosiasi sub-regional. Pasalnya, PSSI mempertimbangkan untuk bergabung dengan EAFF.

Netizen mendorong PSSI untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan merapat ke EAFF buntut dari dugaan main mata Vietnam kontra Thailand di Piala AFF U-19 2022.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengaku pihaknya telah berdiskusi secara internal terkait kemungkinan Timnas Indonesia membelot ke EAFF.

3 dari 6 halaman

Komentar Iriawan

Iriawan juga telah memerintahkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi untuk berkomunikasi dan menyatakan ketertarikan pihaknya masuk ke EAFF.

"Kami sudah menyampaikan lewat Sekjen PSSI dan mereka senang saja kalau kita masuk EAFF," ujar Iriawan.

"Namun, kami mau berhitung dulu. Kami akan diskusikan dengan matang," imbuh Iwan Bule, karibnya disapa.

4 dari 6 halaman

Netizen Geram

Semua berawal dari kegeraman netizen atas tindakan tidak sportif Vietnam dan Thailand pada partai terakhir babak penyisihan Piala AFF U-19 2022.

Kedua tim hanya butuh hasil imbang 1-1 untuk lolos bareng ke babak semifinal Piala AFF U-19 dan menyingkirkan Timnas Indonesia U-19.

Ketika skor telah 1-1, kedua tim tidak lagi berniat bertanding lantaran hanya bermain oper-operan selama sepuluh menit akhir pertandingan.

5 dari 6 halaman

Hitung Untung dan Rugi

PSSI melancarkan protes ke AFF buntut dugaan main mata Vietnam dan Thailand. Netizen lalu menyarankan PSSI untuk membelot ke EAFF.

"Terima kasih netizen untuk sarannya karena itu bukti kecintaan kepada Timnas Indonesia," tutur Iriawan.

"Namun, harus kami diskusikan dengan matang. Sebab, kami harus menghitung untung dan ruginya," terangnya.

6 dari 6 halaman

10 Anggota EAFF

EAFF mempunyai sepuluh anggota, tiga di antaranya adalah kekuatan sepak bola Asia yaitu Korea Selatan, Jepang, dan China.

Saat ini, EAFF tengah menggelar 2022 EAFF E-1 Football Championship pada 19-27 Juli 2022 yang diikuti tuan rumah Jepang, Korea Selatan, China, dan Hong Kong.

1. China

2. Chinese Taipei

3. Guam

4. Hong Kong

5. Korea Utara

6. Korea Selatan

7. Jepang

8. Makau

9. Mongolia

10. Kepulauan Mariana Utara

Video Populer

Foto Populer