Sukses


Profil Klub BRI Liga 1 2022 / 2023: Persikabo 1973, Berburu Pemain demi Bisa Bersaing

Bola.com, Bogor - Persikabo 1973 termasuk dalam daftar tim yang sangat serius melakukan persiapan jelang bergulirnya BRI Liga 1 musim 2022/2023.

Dengan nakhoda Djajang Nurdjaman, tim berjulukan Laskar Padjajaran itu telah melakukan rangkaian persiapan sejak dua bulan yang lalu.

Persikabo 1973 memulai persiapan dengan melakukan pencarian pemain dan kemudian mengontraknya. Total jumlah pemain yang ada saat ini sekitar 28 minus dua pemain asingnya.

Dari 28 pemain yang resmi dikontrak Persikabo 1973, 11 pemain di antaranya adalah mereka yang sudah lama membela tim kebanggaan masyarakat Bogor itu.

Pemain yang bertahan dari musim lalu, antara lain Syahrul Trisna Fadhilah, Teddy Heri, Muhammad Dicky Indriyana, Didik Wahyu, Andy Setyo Nugroho, Roni Sugeng, Dimas Drajad, Munadi, Manahati Lesstusen, Lucky Oktavianto, dan Gilang Ginarsa.

Untuk musim 2022/2023, Persikabo 1973 banyak merekrut pemain muda termasuk dua pemain asingnya yakni Lucas Gama dan Gustavo Tovantin yang masih berumur 28 dan 26 tahun.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Rekrut Pemain Lokal meski Banyak yang Bertahan

Untuk jajaran pemain lokal, Persikabo 1973 berhasil merekrut dua pemain lokal berdarah Bogor, yaitu Saepuloh Maulana dan Ryan Kurnia.

Selain itu tim yang bermarkas di Stadion Pakansari ini juga mendatangkan pemain senior yang sudah malang melintang di persepakbolaan nasional dan pernah memperkuat Timnas Indonesia, Yandi Sofyan.

Persikabo 1973 juga layak bersyukur karena memiliki pemain-pemain berpengalaman, seperti Dimas Drajad, Roni Sugeng, dan Munadi. Selain itu juga ada Manahati Lestusen yang sudah lama bersama klub sejak bernama PS TNI itu.

3 dari 9 halaman

Masih Ada Slot Pemain Asing

Persikabo 1973 masih menyisakan dua slot pemain asing karena dua pemain yang sebelumnya didatangkan, yakni Renan Sgaria asal Brasil dan Ryosuke Nagasawa dari Jepang batal berseragam Laskar Padjajaran.

Renan gagal setelah mendapatkan masalah di bahu, sementara Ryosuke terkendala administrasi.

Sementara untuk saat ini sudah ada Gustavo Tocantins, penyerang asal Brasil yang dalam beberapa uji coba dijajal sebagai pemain sayap oleh Djadjang Nurdjaman.

Kemudian juga sudah ada Lucas Gama yang memperlihatkan perkembangan bagus dari beberapa perandingan yang sudah dijalani. Ia akan menjadi tandem Andy Setyo atau pun Didik Wahyu di lini pertahanan.

4 dari 9 halaman

Berusaha yang Terbaik di BRI Liga 1

Dari sisi persiapan, Laskar Padjajaran telah melakoni beberapa uji coba dengan tim-tim lokal, tim Liga 2 serta tim Liga 1 dan akhirnya terjun di Piala Presiden 2022.

Sayang, Persikabo 1973 gagal melanjutkan perjuangan ke fase selanjutnya setelah hanya mencatatkan 1 kali kemenangan dan dua kali kekalahan di babak penyisihan grup.

Tak mau berlarut, tim kepelatihan langsung memboyong Manahati Lestussen dkk. ke kawasan Gunung Gede-Pangrango untuk menggelar training camp selama beberapa hari.

Terakhir, Persikabo 1973 melaksanakan uji coba dengan tim Persikas Subang yang berakhir dengan kemenangan telak di Stadion Pakansari, Rabu (20/7/2022).

Dalam laga perdana kompetisi BRI Liga 1, Laskar Padjajaran akan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Pakansari, 25 Juli mendatang.

5 dari 9 halaman

Pemain Bintang: Dimas Drajad

 

Pemain yang satu ini merupakan striker lokal yang menjadi andalan Persikabo 1973 di BRI Liga 1 2021/2022. Penampilan yang sangat baik dengan torehan 11 gol membuatnya menjadi pemain lokal tersubur bersama Samsul Arif yang membela Persebaya Surabaya.

Setelah itu, Dimas Drajad pun sampai dilirik untuk memperkuat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Dengan pengalaman yang telah didapatkannya di bawah asuhan Shin Tae-yong, Dimas Drajad dipastikan bakal lebih tajam pada musim ini.

Dengan bantuan pemain seperti Manahati Lestusen, Dimas Drajad yang sudah tak lagi memiliki Ciro Alves di sisinya, dipastikan juga harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan pundi-pundi golnya pada musim baru nanti.

6 dari 9 halaman

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Kursi pelatih kepala Persikabo 1973 saat ini dihuni oleh Djadjang Nurdjaman, pelatih lokal yang sudah banyak makan asam dan garam persepakbolaan nasional. Ia tercatat pernah menangani Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan Barito Putera.

Prestasi tertinggi pelatih yang akrab dipanggil Kang Djanur itu adalah membawa Persib Bandung kampiun Indonesia Super League (ISL) musim 2014 lalu.

Terakit dengan target, manajemen Persikabo 1973 diketahui memberikan target tinggi untuk Djadjang Nurdjaman. Ya, Djanur harus bisa membawa Persikabo lebih baik dari musim lalu dan minimal ada di posisi lima besar.

 

7 dari 9 halaman

Data Klub

Nama Klub: Persikabo 1973

Berdiri: 23 Desember 1973

Prestasi: - 

Posisi Musim Lalu: Peringkat 10

Pediksi Posisi Musim Ini: Papan Tengah

 

8 dari 9 halaman

Skuad

  • Kiper: Syahrul Trisna Fadhilah, Teddy Heri Setiawan, Muhammad Dicky Indrayana, Husna Al Malik
  • Belakang: Gilang Ginarsa, Aji Setiawan, Syahrul Lasinari, Didik Wahyu, Syahrul Mustopa, Andy Setyo Nugroho, Lucky Oktavianto, Lucas Gama, Saepuloh Maulana, Reynaldi Aldi, Danni Arwin
  • Tengah: Manahati Lestussen, Ryan Wiradinata, Kemaluddin, Munadi, Roni Sugeng, Agung Mulyadi, Tegar Infantrie, M.Afin Baharani, Jovanni Reynaldi
  • Depan: Muhammad Dimas Drajad, Yandi Sofyan Munawar, Gustavo Tocantins, Ryan Kurnia, Ali Koroy
9 dari 9 halaman

Posisi Persikabo 1973 di BRI Liga 1 Musim Lalu

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer