Sukses


Mudik ke Korsel, Shin Tae-yong Disambut Si Bungsu Rekan Setim Asnawi Mangkualam

Bola.com, Seoul - Shin Tae-yong memutuskan untuk mudik ke Korea Selatan. Kepulangan pelatih Timnas Indonesia itu disambut hangat putra keduanya, Shin Jae-hyuk.

Shin Tae-yong lalu mengunggah foto selfie bersama Shin Jae-hyuk di akun Instagramnya, @shintaeyong7777 pada Kamis (21/7/2022).

"Di rumah bersama putra kedua, Shin Jae-hyuk," tutur Shin Tae-yong.

Putra bontot Shin Tae-yong itu juga membagikan kebersamaan dengan sang ayah di stories pada hari yang sama di akun Instagramnya, @shinj_hyuk.

"Selamat datang di rumah," tulis Shin Jae-hyuk.

2 dari 5 halaman

2 Putra Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mempunyai dua putra. Keduanya meneruskan jejaknya sebagai pesepak bola. Yang pertama adalah Shin Jae-won, pemain Suwon FC.

Shin Jae-won berposisi sebagai gelandang serang dan berkiprah di K League 1 atau kasta teratas Liga Korea Selatan.

Yang kedua ialah Shin Jae-hyuk, pemain Ansan Greeners sekaligus rekan setim bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Shin Jae-hyuk dan Asnawi sama-sama beraksi untuk Ansan Greeners di K League 2 alias divisi kedua Liga Korea Selatan.

3 dari 5 halaman

Cuti Sebulan

Shin Tae-yong diberikan kesempatan untuk pulang kampung ke Korea Selatan. Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, meminta pelatih asal Korea Selatan itu jangan mudik terlalu lama.

Iriawan memberikan waktu sebulan bagi Shin Tae-yong kembali ke Korea Selatan sebelum dihadapkan dengan rutinitas padat dengan Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong telah tiba di Korea Selatan seusai dievaluasi PSSI pasca-kegagalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

"Shin Tae-yong jangan lama-lama di Korea Selatan. Nanti dia lupa. Dia sebulan di sana untuk liburan," ujar Iriawan.

4 dari 5 halaman

Jadwal Padat

Jadwal Shin Tae-yong memang sangat sibuk pada tahun ini. Arsitek berusia 53 tahun itu harus memimpin Timnas Indonesia level senior hingga kelompok usia dalam berbagai kegiatan.

Mulai dari FIFA Matchday September 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada September 2022, hingga Piala AFF 2022 pada Desember 2022.

"Shin Tae-yong itu liburan selama 10 hari kerja, di luar Sabtu dan Minggu. Dia programnya padat. Jadi tak ada libur lagi dia," kata Iriawan.

5 dari 5 halaman

Minta Pemain Naturalisasi

Dalam evaluasi yang digelar pada Rabu (20/7/2022) itu, Shin Tae-yong meminta PSSI untuk menaturalisasi pemain demi Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023.

"Khusus untuk Timnas Indonesia U-19, membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi," ujar Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

Shin Tae-yong telah mencoba tiga pemain keturunan asal Belanda untuk Timnas Indonesia U-19. Ketiganya adalah Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel. Namun, Shin tidak puas dengan kualitas ketiganya.

Video Populer

Foto Populer