Sukses


Prediksi PSS Vs PSM Di BRI Liga 1: Misi Mengamankan Poin Laga Perdana

Bola.com, Sleman - PSS Sleman dan PSM Makassar bakal bersua pada laga perdana BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (23/7/2022). Sebagai tuan rumah, Super Elja tentu ingin memuaskan pendukungnya dengan meraih tiga poin.

Sementara Juku Eja bertekad menjaga catatan positif yakni tak pernah kalah pada pekan perdana mereka di era Liga 1. Sejak 2017, PSM melakoni laga perdana dengan meraih empat kemenangan dan sekali imbang.

Secara umum, peluang kedua tim meraih poin pada laga nanti sama-sama terbuka. Dari kubu PSS, kegagalan menembus final Piala Presiden 2022 membuat pelatih Seto Nurdiantoro berpacu dengan waktu yang sempit untuk membenahi kekuatan timnya.

PSS Sleman bakal mengoptimalkan kemampuan empat pemain asingnya yakni Tallysson Duarte (bek/Brasil), Ze Valente (gelandang/Portugal), Jihad Ayoub (gelandang/Lebanon) dan Mychell Chagas (striker/Brasil).

2 dari 8 halaman

Pendatang Baru

Seperti diketahui, keempat pemain ini baru pertama kali berkiprah di Indonesia.

"Laga perdana selalu tak mudah buat PSS. Apalagi persiapan kami terbilang minim usai Piala Presiden. Tapi, saya sudah tekankan ke pemain agar berusaha keras untuk meraih hasil terbaik pada pertandingan nanti," ujar Seto Nurdiantoro dalam resmi klub.

Mengacu pada tiga laga terakhir PSS di Piala Presiden 2022, Seto Nurdiantoro wajib menyiapkan strategi yang pas untuk mengalahkan PSM. Khususnya lini belakang yang kebobolan tujuh gol.

Masing-masing satu gol dari Persib Bandung di 8 Besar serta kebobolan enam gol pada dua pertemuan semifinal dengan Borneo FC. Kehadiran Tallysson Duarte yang statusnya baru diresmikan manajemen PSS pada Selasa (19/7/2022) diharapkan membuat lini belakang PSS lebih solid.

3 dari 8 halaman

Antusias

Duarte yang yang terakhir bermain untuk klub Kuwait, Al-Sahel SC mengaku sangat antusias menanti laga perdananya bersama PSS.

"Target pribadi saya adalah tampil baik di setiap laga bersama PSS," tegas stoper berusia 26 tahun ini.

Tak hanya di lini belakang, Seto pun harus berpikir keras untuk meningkatkan ketajaman lini depannya yang hanya mencetak satu gol pada tiga laga terakhir di Piala Presiden 2022. Satu-satunya gol PSS dicetak striker gaek, Boaz Salossa yang statusnya di PSS hanya sebagai pemain pelapis.

4 dari 8 halaman

Persiapan PSM

PSM sudah berada di Yogyakarta sejak, Jumat (15/7/2022) untuk melakukan persiapan intensif jelang menghadapi PSS.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares pun mendapatkan kabar baik menyusul pulihnya sejumlah pemainnya. Di antaranya bek Safruddin Tahar dan gelandang Kenzo Nambu (Jepang) yang sebelumnya bermasalah pada otot paha.

Secara mental, skuad Juku Eja siap melakoni laga perdana meski bermain di kandang lawan. Wiljan Pluim dan kolega membuktikan ketangguhan mereka di Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022. Pada ajang pramusim Juku Eja mampu melenggang ke 8 Besar.

Langkah PSM akhirnya dihentikan Borneo FC yang mengalahkan mereka dengan skor tipis 1-2 di Stadion Segiri Samarinda.

5 dari 8 halaman

Piala AFC

Sementara di Piala AFC 2022, PSM malah sukses menembus semifinal zona Asean dengan status juara Grup H. Tim kebanggaan masyakarat Sulawesi Selatan itu akan menghadapi wakil Malaysia, Kedah FC di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, 9 Agustus 2022.

Pada dua ajang itu, PSM mampu mencetak lima gol dalam enam partai. Dua gol disumbangkan Wiljan di Piala Presiden 2022. Masing-masing ke gawang Arema FC dan Borneo FC, dua tim yang sukses menembus final.

Sedang tiga gol lainnya terjadi ketika PSM menekuk Tampines Rovers (Singapura) dengan skor 3-1. Striker anyar PSM, Everton Nascimento mencetak dua gol dan satu golnya diciptakan oleh penyerang sayap, Rizky Eka Pratama.

6 dari 8 halaman

Lini Belakang Oke

Lini belakang PSM cukup teruji dengan mencetak tiga kali cleansheet.

Masing-masing saat menghadapi Arema FC, Persik Kediri dan Kuala Lumpur City FC (Malaysia). Bek anyar PSM, Yuran Fernandes (Tanjung Verde) membuktikan dirinya layak berkostum PSM yang mengandalkan permainan keras dan cepat.

"Sejauh ini, kualitas Yuran lebih baik dari stoper PSM musim lalu," kata Andi Coklat, eks jenderal lapangan The Maczman.

7 dari 8 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Muhammad Ridwan (kiper); Bagus Nirwanto, Tallysson Duarte, Dedy Gusmawan, Syaiful Ramadhan (belakang); Jihad Ayoub, Ze Valente, Dave Mustaine (tengah); Mychell Chagas, Komaruddin, Todd Ferre (depan)

Pelatih: Seto Nurdiantoro

PSM Makassar (4-3-3): M Reza Arya Pratama; Safruddin Tahar, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Willem Jan Pluim, Rasyid Bakri, M. Arfan; Yakob Sayuri, Everton Nascimento, M Rizky Eka Pratama

Pelatih: Bernardo Tavares

8 dari 8 halaman

Data dan Fakta

Rekor Pertemuan Di Liga 1

  • 01/02/2022: PSS vs PSM 0-0
  • 18/11/2021: PSM vs PSS 2-2
  • 01/03/2020: PSM vs PSS 2-1
  • 15/12/2019: PSM vs PSS 1-1
  • 23/08/2019: PSS vs PSM 3-2

 

  • Prediksi Bola.com: 50-50
  • Live: Indosiar, Vidio
  • Sabtu, 23 Juli 2022Pukul: 18.15 WIB

 

Video Populer

Foto Populer