Sukses


Mengenang Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia U-16 di Ajang Piala AFF U-16 2018: Hajar Filipina di Sidoarjo

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 akan berlaga di ajang Piala AFF U-16 2022. Ajang ini akan digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai 31 Juli 2022 nanti.

Sebelum menyaksikan aksi tim asuhan Bima Sakti di ajang itu, mari kita melihat kembali kiprah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018.

Saat itu, tim asuhan Fakhri Husaini berhasil keluar menjadi juara. Garuda Asia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara setelah mengalahkan Thailand di laga final yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur.

Namun, kita tidak akan fokus pada gelar juara itu. Kita akan fokus pada kemenangan terbesar yang diraih Timnas Indonesia U-16 di ajang tersebut.

Kemenangan itu diraih saat Garuda Asia berhadapan dengan Filipina. Saat itu, Sutan Zico dan kolega mampu mengalahkan Filipina dengan skor 8-0. Itu adalah kemenangan terbesar Indonesia di ajang Piala AFF U-16 sampai saat ini.

 

2 dari 5 halaman

Enam Pencetak Gol Berbeda

Di laga melawan Filipina itu, Timnas Indonesia U-16 juga memperlihatkan kolektivitas yang bagus. Ada enam pencetak gol berbeda yang tercatat di papan skor Stadion Gelora Delta Sidoarjo saat itu.

Bagus Kahfi menjadi bintang utama. Pemain asal Magelang, Jawa Tengah itu mampu mencetak tiga gol alias hat-trick.

Sementara itu lima gol yang lain dicetak oleh lima pemain yang berbeda. Mereka adalah Supriadi, Komang Teguh, Fajar Faturrahman, Sutan Zico, dan Rendy Juliansyah.

Enam pemain itu sampai sekarang masih aktif sebagai pesepakbola. Bahkan mereka semua kini berlaga di ajang liga profesional Indonesia.

 

3 dari 5 halaman

Tertajam di Fase Grup

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia U-16 meraih gelar tertajam di babak grup A Piala AFF U-16 2022. Mereka mampu mencetak 21 gol dari lima laga di Grup A saat itu.

Timnas Indonesia U-16 unggul dari Myanmar yang mencetak 17 gol di sepanjang laga di Grup A. Sementara Thailand dan Malaysia yang menjadi tim tertajam dari Grup B hanya mampu mencetak 12 gol.

Bagus Kahfi memang menjadi salah satu sumber gol utama Timnas Indonesia U-16 saat itu. Bagus pada akhirnya mendapatkan gelar top skor dengan 13 gol.

4 dari 5 halaman

Jadwal Piala AFF U-16 2022

Minggu, 31 Juli 2022

  • 20.00 WIB: Indonesia vs Filipina (Stadion Patriot Candrabaga)

Rabu, 3 Agustus 2022

  • 20.00 WIB: Singapura vs Indonesia (Stadion Patriot Candrabaga)

Sabtu, 6 Agustus 2022

  • 20.00 WIB: Indonesia vs Vietnam (Stadion Patriot Candrabaga)
5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-16

  • Penjaga Gawang: Ikram Al Giffari, Muhammad Ridho Pratama, Andhika Putra Setiawan.
  • Bek: Andre Pangestu, Ridzar Subagja, Ridho Al Ikhsan, Habil Akbar, Ibnu Yazid, Seva Ditya Rangga, Zulkifli Lukmansyah, Fadel Ahmad Arrafi, Sulthan Zaky Pratama, Iqbal Gwijangge.
  • Gelandang: Muhammad Riski Afrisal, I Komang Ananta Krisna Putra, Narendra Tegar Islami, Muhammad Kafiatur Rizky, Figo Dennis, Femas Aprian Crespo, Sultan Akbar, Bagus Cahaya Islami, Ruben Asoka Jaya Prayitno, Hanif Ramadhan.
  • Penyerang: Muhammad Yanuar Sanusi, Wally Ma'rifat, Arjuna Tri Wahyudi, Arkhan Kaka Putra, Ji Da-bin, Azzaky Erlangga, Yanuar Eka Permana.

Pelatih: Bima Sakti Tukiman (Head Coach), Indriyanto Nugroho (Asisten), Firmansyah (Asisten), Markus Haris Maulana (Pelatih Kiper), Sansan Susanpur (Pelatih Fisik).

Video Populer

Foto Populer