Sukses


Protes PSSI Ditolak, AFF Anggap Tidak Ada Main Sabun dalam Laga Vietnam Vs Thailand di Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Jakarta - Protes PSSI ditolak AFF. Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (ASEAN) itu tidak menemukan indikasi main sabun dalam laga Vietnam kontra Thailand di Piala AFF U-19 2022.

PSSI telah menerima balasan dari AFF terkait laporan dugaan pelanggaran fair play antara Vietnam dengan Thailand dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 yang membuat Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Skenario hasil 1-1 menjadi satu-satunya jalan bagi Vietnam dan Thailand untuk lolos bareng dari Grup A Piala AFF U-19 2022, sekaligus menyingkirkan Timnas Indonesia U-19.

2 dari 5 halaman

Surat Balasan AFF

Namun, Vietnam dan Thailand bertanding tidak sportif karena hanya memainkan umpan-umpan pendek dan tidak berniat untuk menyerang satu sama lain.

"Dalam surat balasan disampaikan AFF menunjuk Sports Radar untuk melihat adanya indikasi kecurangan dalam pertandingan," tulis PSSI di situsnya.

3 dari 5 halaman

Koordinasi dengan AFC

"AFF juga menghadirkan ahli analisis teknis untuk memberikan masukan dan mempelajari laporan pengawas dan perangkat pertandingan," lanjut PSSI.

AFF menilai bahwa Vietnam dan Thailand tidak melanggar Laws of the Game setelah berkoordinasi dengan Komite Hukum AFF yang juga Ketua Komite Disiplin (Komdis) AFC.

4 dari 5 halaman

Vietnam dan Thailand Tidak Langgar Peraturan

"Dengan semua masukan tersebut di atas, disimpulkan bahwa tidak ada peraturan yang dilanggar dalam pertandingan 12 menit terakhir antara Vietnam dan Thailand," kata PSSI.

"AFF pun berterima kasih kepada PSSI yang telah menyampaikan isu ini agar AFF bisa mempelajari dari berbagai sisi," bunyi keterangan PSSI.

5 dari 5 halaman

Sikap PSSI

Manajer Timnas Indonesia U-19, Endri Erawan, menerima sikap dari AFF dan tidak kecewa terhadap keputusan yang menolak protes PSSI itu.

"Kami berterima kasih kepada AFF karena sudah merespons surat resmi dari PSSI. Setelah adanya surat resmi dari AFF itu, kami PSSI menerima keputusan itu," tutur Endri Erawan.

"Pada dasarnya surat itu hanya ingin mempertanyakan apakah laga itu berjalan fair play atau tidak. Kini semua sudah jelas dan tidak ada masalah lagi," ujar jelasnya.

Video Populer

Foto Populer