Sukses


Gelandang Timnas Indonesia: Thomas Doll Mirip Shin Tae-yong, Sama-Sama Keras

Bola.com, Depok - Syahrian Abimanyu beruntung dapat dilatihThomas Doll di Persija Jakarta dan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Pemain berusia 23 tahun itu mendapatkan latihan tingkat tinggi.

Syahrian Abimanyu mengungkapkan gaya melatih Thomas Doll dan Shin Tae-yong mirip. Keduanya sama-sama suka dengan latihan yang keras.

"Coach Thomas Doll dan Shin Tae-yong sama-sama suka melatih dengan cara yang keras," imbuh Syahrian Abimanyu dinukil dari laman klub.

"Kami diminta untuk membangun mental dan fisik yang kuat. Mungkin tujuan keduanya sama. Mereka ingin kami bermain keras."

"Jadi, coach Thomas Doll selalu menekankan kepada kami untuk banyak bergerak tanpa bola. Jadi memang butuh fisik yang kuat," jelasnya.

2 dari 7 halaman

Persija Dominan

Debut resmi Thomas Doll bersama Persija Jakarta memang berakhir pahit. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu kalah 0-1 dari Bali United di BRI Liga 1 2022/2023.

Namun, Persija tidak bermain jelek ketika melawan Bali United. Syahrian Abimanyu dkk. mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola 62 persen.

Tim Macan Kemayoran juga mencatatkan 12 total tembakan, 369 umpan sukses, hingga 17 tekel sukses. Kondisi itu menunjukkan Persija telah berada di jalur yang tepat.

3 dari 7 halaman

Penilaian Braif Fatari

Gelandang Persija lainnya yang juga pernah dipoles Shin Tae-yong, Braif Fatari menjelaskan kondisinya pelan-pelan meningkat seusai digeber Thomas Doll.

"Padaawal musim, kondisi kami belum mencapai performa yang maksimal. Kami banyak beradaptasi selama ini terutama di fisik, tapi setelah itu kami lebih merasa lebih baik dalam bermain," imbuh Braif Fatari.

4 dari 7 halaman

Formasi Baru

Thomas Doll datang ke Persija dengan membawa strategi yang gres. Arsitek asal Jerman itu mengubah pola Tim Macan Kemayoran dari 4-3-3 menjadi 3-4-2-1.

"Secara pribadi saya sudah terbiasa dengan empat pemain belakang. Saya masih banyak melakukan evaluasi dan adaptasi agar bisa maksimal dengan formasi ini," ujar bek Persija Jakarta, Firza Andika.

5 dari 7 halaman

Naik Turun

Dalam formasi 3-4-2-1, Firza Andika berperan sebagai wingback kiri. Selain pertahanan, pemain berusia 23 tahun itu juga bertanggung jawab membantu serangan.

"Sebagai pemain belakang yang bermain dengan empat bek saya biasanya ada timing untuk naik. Tapi dengan formasi tiga bek, saya dituntut untuk naik turun terus. Jadi coach minta ke kami untuk harus punya fisik dan mental yang kuat," tutur Firza Andika.

6 dari 7 halaman

Jadwal Persija di BRI Liga 1

Pekan Kedua BRI Liga 1 2022/2023

  • Persija Jakarta Vs Persis Solo
  • Minggu, 31 Juli 2022
  • Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi
  • Kick-off 15.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio
7 dari 7 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer