Sukses


Alasan Asnawi Mangkualam Menolak Dibuatkan Chants Khusus oleh Suporter Indonesia

Bola.com, Ansan - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, menolak dibuatkan chants khusus oleh suporter Indonesia. Menurut Asnawi, seharusnya suporter mendukung Ansan secara tim bukan karena pribadinya.

Keberadaan Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners FC secara khusus menaikkan popularitas klub tersebut. Bahkan, banyak masyarakat Indonesia yang ada di Korea Selatan beralih memberikan dukungan.

Asnawi membenarkan penolakan dirinya terkait chants khusus yang ingin dibuatkan suporter Indonesia. Asnawi berharap, masyarakat Indonesia tidak hanya mendukung dirinya, melainkan Ansan Greeners FC sebagai sebuah klub.

"Tentu saja harus karena tim ini bukan milik saya. Akan tetapi, Ansan Greeners milik semua orang," kata Asnawi Mangkualam seperti dikutip dari Sports-G.

2 dari 5 halaman

Asas Keadilan

Asnawi Mangkualam berharap, suporter Indonesia memberikan keadilan kepada seluruh pemain Ansan Greeners FC. Menurut Asnawi, itu perlu dilakukan untuk kesuksesan klub asal Korea Selatan tersebut.

"Saya meminta suporter untuk tidak hanya memberi dukungan kepada saya, tetapi seluruh tim. Saya mengatakan itu karena semua orang di tim harus menikmati dan merasakan perasaan itu juga," tegas Asnawi Mangkualam.

Sejauh ini, Asnawi Mangkualam memberikan dampak positif di Ansan Greeners FC. Pemain berusia 22 tahun itu telah mencetak dua gol di K-League 2.

3 dari 5 halaman

Jawaban Berkelas

Asnawi Mangkualam juga buka suara mengenai rumor yang mengaitkannya dengan klub raksasa Korea Selatan, Jeonbuk Hyunday Motors. Asnawi Mangkualam mengaku, ingin menghormati kontraknya di Ansan Greeners FC.

"Saya masih memiliki kontrak dengan Ansan. Masih ada kontrak yang tersisa, jadi tentu saja menghormati Ansan harus didahulukan," kata Asnawi Mangkualam.

Meski demikian, Asnawi tentu harus berpikir ulang bila tawaran Jeonbuk Hyunday Motors benar-benar datang. Kesempatan bermain di K-League 1 tentu saja tak datang dua kali.

4 dari 5 halaman

Cetak Gol Lagi

Pada pertandingan melawan Jeongnam Dragons FC yang digelar di Ansan Wa Stadium, Asnawi Mangkualam diberi kepercayaan bermain sebagai starter. Pemain berusia 22 tahun itu diplot sebagai bek kanan dan bermain penuh.

Kepercayaan yang diberikan pelatih Lim Jong-heon tak disia-siakan Asnawi Mangkualam. Pada menit ke-59. Asnawi mencetak gol setelah berhasil mengecoh pemain belakang Jeongnam Dragons FC dengan tembakan kaki kanannya.

Gol Asnawi Mangkualam menjadi titik kebangkitan Asnan Greeners FC. Setelah itu, Ansan mencetak dua gol lagi melalui Thiago Henrique pada menit ke-68 dan 72'. Ansan Greeners FC berhasil mempertahankan keunggulan dan menang 3-0.

5 dari 5 halaman

Gol Kedua

Gol tersebut menjadi yang kedua dicetak Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners FC di K-League 2 2022. Asnawi sebelumnya juga mencetak gol saat membantu Ansan Greeners FC mengalahkan Gimpo Citizens dengan skor 3-1 (23/7/2022).

Secara keseluruhan, Asnawi sudah mengemas 18 penampilan bersama Ansan Greeners FC pada musim ini. Asnawi juga sudah mencetak dua gol.

Ketajaman Asnawi Mangkualam berpengaruh kepada Ansan Greeners FC. Saat ini, Ansan Greeners berada di urutan kedelapan klasemen sementara K-League 2 2022.

Video Populer

Foto Populer