Sukses


Mengenal Nusantara United FC, Klub Ibu Kota Negara yang Berambisi Tampil di Liga 1

Bola.com, Jakarta - Nusantara United FC merupakan satu di antara klub yang akan berlaga di Liga 2 musim ini. Lantas, siapa itu klub yang bermukim di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur itu?

Nama Nusantara United FC memang terdengar asing bagi pencinta sepak bola di Tanah Air. Hal tersebut dirasa wajar, karena Nusantara United adalah klub baru yang muasalnya dari Mataram Utama.

Sebelumnya, Mataram Utama merupakan klub yang berlaga di Liga 3 2021/2022. Klub yang bermukim di Yogyakarta itu berhasil promosi ke Liga 2 dengan status semifinalis Liga 3 musim lalu.

Setelah diakuisisi, Mataram Utama kemudian berganti nama menjadi Nusantara United FC. Home base klub juga dipastikan berpindah tempat, dari Yogyakarta ke Kalimantan Timur yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Namun, untuk saat ini, Nusantara United FC masih belum memiliki stadion yang mumpuni untuk menggelar pertandingan di IKN. Alhasil, mereka memilih Jawa Tengah sebagai kandang sementara, apakah itu di Salatiga atau Magelang.

 

2 dari 4 halaman

Incar Tiket ke Liga 1

Setelah disahkan sebagai klub baru pada Kongres PSSI di Bandung, pada 30 Mei 2022, Nusantara United FC memiliki ambisi besar di Liga 2 musim ini. Mereka bertekad mraih hasil bagus dan promosi ke Liga 1 2023/2024.

"Kami ingin mengembangkan tim dengan fondasi kuat, mengoptimalkan deretan pemain muda untuk kesuksesan klub di masa depan," ucap Komisaris Utama NUFC, Gamma Abdurrahman Thohir.

"Maka dari itu, kami juga mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya penduduk Kalimantan Timur. Tanpa itu, kami bukanlah apa-apa," tambah Gamma.

"Target kami bermain semaksimal mungkin pada musim depan sambil melirik peluang promosi ke Liga 1. Tentu, Kami ingin mewujudkan impian itu menjadi kenyataan," pungkasnya.

Andai berhasil promosi ke Liga 1, Nusantara United FC bakal menjadi klub pertama yang bermukim di Ibu Kota Negara (IKN).

 

3 dari 4 halaman

Jersey Bertemakan Lingkungan

Berlokasi di Kalimantan yang kerap dianggap sebagai paru-paru dunia, Nusantara United FC meluncurkan jersey bertemakan lingkungan. Kostum yang dipakai pada pramusim tersebut memiliki tagline Jaga Bumi.

Menggandeng apparel lokal Adhoc, jersey Nusantara United didominasi warna hijau dan memiliki pola zig zag, serta lengah berwarna putih. Hijau dan pola zig zag menggambarkan Kalimantan Timur sebagai satu di antara provinsi dengan kawasan hutan lindung terluas di Indonesia.

"Sebagai klub Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, penting bagi NUFC untuk menonjolkan identitas Kaltim dalam seragam tempur kebanggaan tim,” ucap Komisaris Utama klub, Gamma Thohir.

“Sebelumnya, kami juga telah mengangkat perisai suku Dayak, Talawang, dan macan dahan khas Kalimatan sebagai filosofi di balik logo klub,” imbuhnya.

Nantinya, 10 persen hasil keuntungan penjualan jersey tersebut akan didonasikan untuk kampanye perlindungan hutan dengan mitra @hutanituid.

 

4 dari 4 halaman

Datangkan Pemain Anyar

Menatap Liga 2 musim ini, Nusantara United FC terus berbenah. Selain menjalani sejumlah laga uji coba, klub yang mengusung logo Talawang, Macan Dahan, dan Sayap Garuda juga mendatangkan beberapa pemain anyar.

Mulai dari Dominggus Kereway, Dedi Irwandi, Sheva Meindieta Firmansyah, Alex Etienne, Boas Isir, dan teranyar mantan kiper Persis Solo, M. Fahri.

Video Populer

Foto Populer