Sukses


Piala AFF U-16 2022: Pelatih Timnas Indonesia U-16 Minta Masyarakat Jangan Berlebihan Memberikan Pujian

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 tampil luar biasa di laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022. Bermain melawan Singapura di Stadion Maguwoharjo, Rabu (3/8/2022) malam WIB lalu, Garuda Asia menang 9-0.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti merasa bersyukur dengan kemenangan ini. Bima merasa Hanif Ramadhan dan kolega bermain sesuai instruksi yang ia berikan.

"Pertama kami ucapkan Alhamdulillah, kami bisa menang dan sesuai dengan instruksi saya. Mereka bisa menjalankan taktik yang kami terapkan," kata Bima dalam sesi konferensi pers selepas laga.

Kendati begitu, Bima Sakti berharap masyarakat tidak berlebihan dalam memberikan pujian kepada para penggawa Timnas Indonesia U-16. Menurutnya, perjalanan di Piala AFF U-16 2022 masih berat, terlebih ada Vietnam yang jadi lawan terakhir di Grup A.

2 dari 5 halaman

Euforia Boleh, Tapi Ingat Ada PR yang Belum Tuntas

Kemenangan 9-0 atas Singapura membuat Timnas Indonesia U-16 memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022. Namun, Bima Sakti melihat anak asuhnya masih banyak kekurangan.

"Artinya walaupun kami menang, tapi tidak boleh cepat puas, tidak boleh euforia terlalu tinggi."

"Saya berharap juga masyarakat jangan terlalu memuji pemain, tim ini belum ada apa-apa, tim ini masih banyak kekurangan harus banyak belajar lagi. Yang penting berproses dengan baik. Vietnam tim yang bagus, semoga pemain bisa recovery," ujar Bima.

3 dari 5 halaman

Rotasi

Bima Sakti melakukan rotasi cukup besar di laga ini. Ada empat pemain yang menjadi starter di laga pertama melawan Filipina hanya duduk di bangku cadangan pada laga ini.

Habil Abdillah dan Sultan Zaky bahkan sama sekali tidak masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-16 kontra Singapura. Keduanya mengalami sedikit cedera usai laga pertama lalu.

"Pertandingan tadi memang kami sempat melakukan rotasi, ada beberapa pemain yang kami istirahatkan seperti Habil kemudian Sultan Zaky, karena mereka bekerja keras di laga pertama dan cedera," jelas Bima.

4 dari 5 halaman

Siap Pelototi Rekaman Video Pertandingan Vietnam

Bima Sakti lantas menyatakan timnya siap menghadapi Vietnam. Ia sudah memiliki rekaman video pertandingan tim asuhan Nguyen Quoc Tuan.

"Untuk pertandingan lawan Vietnam kami harus persiapkan diri lebih baik. Tadi saya sudah memberikan tugas kepada asisten pelatih untuk melihat pertandingan Vietnam saat melawan Filipina," katanya.

"Video akan kaki tonton H-1 sebelum pertandingan. Besok Kami akan evaluasi video pertandingan hari ini," jelas Bima.

5 dari 5 halaman

Juara Grup Ditentukan pada Laga Pemungkas Grup A

Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam berpeluang besar lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Pada pertandingan terakhir, kedua tim akan bertemu untuk memperebutkan status juara Grup A.

Tim yang berhasil meraih kemenangan akan lolos langsung ke semifinal. Adapun tim yang kalah harus menunggu dan berjuang di klasemen kecil yang melibatkan dua runner-up dari grup lainnya.

Laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 akan berlangsung pada Sabtu (6/8/2022). Adapun partai lainnya yang mempertemukan antara Singapura dan Filipina dan sudah tak menentukan apapun.

Video Populer

Foto Populer