Sukses


5 Fakta Menarik Nabil Asyura, Penyumbang Hattrick Timnas Indonesia U-16 Vs Singapura: Pernah Jadi Top Skorer di Piala Soeratin U-15

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 mengamuk dengan melibas Singapura 9-0 pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022) malam WIB. 

Pesta gol Timnas Indonesia U-16 tidak lepas dari penampilan apik Muhammad Nabil Asyura. Mantan pemain Gasliko tersebut mencetak hattrick ke gawang Singapura.

Nabil Asyura membobol gawang Singapura pada menit ke-2, 17, dan 29. Berkat tiga golnya, Timnas Indonesia U-16 mampu unggul 6-0 pada babak pertama.

Nabil Asyura memang sudah menunjukkan ketajamannya sebelum membela Timnas Indonesia U-16. Dia pernah menjadi pencetak gol terbanyak pada turnamen kelompok usia.

Mau mengetahui lebih jauh tentang sosok Muhammad Nabil Asyura? Berikut 5 fakta yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

2 dari 6 halaman

1. Asal Payakumbuh

Muhammad Nabil Asyura merupakan pemain asal Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat. Putra dari pasangan Bismianto dan Martaliza tersebut menimba ilmu sepak bola di SSB Arafah Payakumbuh.

Nabil Asyura kemudian bergabung dengan Gasliko, klub yang berkompetisi di Liga 3 Sumatra Barat. Bersama klub tersebut, ia juga tampil di Piala Soeratin U-15 Sumbar.

 

3 dari 6 halaman

2. Top Skorer Piala Soeratin U-15

Setelah dari Gasliko, Nabil Asyura melanjutkan kiprahnya bersama PSP Padang. Ketajaman Nabil Asyura mulai terlibat ketika tampil di Soeratin U-15 2021/2022 dengan menjadi top skorer.

Nabil Asyura mencetak 9 gol pada turnamen tersebut. Ia juga berhasil mengantarkan PSP Padang U-15 menjadi peringkat ketiga tingkat nasional.

 

4 dari 6 halaman

3. Jebolan PPLP Sumbar

Nabil Asyura juga ditempa di PPLP Sumatra Barat. Penampilan apik di Piala Soeratin U-15 yang membuatnya bisa menembus PPLP Sumbar.

Akan tetapi, Nabil bukan satu-satunya jebolan PPLP Sumbar yang membela Timnas Indonesia U-16. Bima Sakti juga memilih Ikram Algiffari.

 

5 dari 6 halaman

4. Debut Lawan Filipina

Nabil Asyura menjalani debut pertamanya melawan Filipina pada Piala AFF U-16 2022. Dia langsung dipasang sebagai starter dalam laga yang dihelat 31 Juli 2022 tersebut.

Sayangnya, Nabil Asyura belum mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-16. Namun, Garuda Asia mampu mengalahkan Filipina 2-0.

 

6 dari 6 halaman

5. Pencetak Hattrick Pertama

Berkat tiga golnya ke gawang Singapura, Nabil Asyura menjadi pemain paling produktif Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Bahkan, Nabil Asyura menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick pada ajang tersebut. Dia juga menbuat Skuad Garuda meraih kemenangan terbesar di Piala AFF U-16 2022.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Mustopa El Abdy/Editor Serafin Unus Pasi, published 3/8/2022)

 

Video Populer

Foto Populer