Sukses


Piala AFF U-16 2022: Pelatih Timnas Indonesia U-16 Ingin Anak Asuhnya Konsisten Hingga Level Senior

Bola.com, Jakarta - Setiap tahun selalu muncul talenta sepak bola baru dari Timnas Indonesia. Mereka biasanya muncul lewat turnamen-turnamen seperti Piala AFF U-16 atau Piala AFF U-19.

Mereka tampil gemilang di ajang itu. Bahkan, mampu mengantarkan Timnas Indonesia meraih prestasi. Seperti di Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-16 2018.

Namun, banyak pemain yang tampil gemilang di ajang-ajang itu justru tak terlihat ketika memasuki usia senior. Kita tentu bisa menghitung para pemain angkatan Evan Dimas Darmono yang kini masih berkarier di level senior. Entah itu di ajang Liga atau di Timnas Indonesia.

Pun demikian dengan para pemain angkatan Bagas Kaffa. Mereka yang menjadi juara di Piala AFF U-16 2018 itu bahkan tak sedikit yang belum bisa bersaing di BRI Liga 1.

Hal serupa tentu tak diharapkan terjadi kepada skuad Timnas Indonesia U-16. Mereka tampil cukup gemilang di Piala AFF U-16 2022. Terbaru, tim asuhan Bima Sakti menang besar 9-0 atas Singapura.

 

2 dari 5 halaman

Pesan Bima Sakti

Bima Sakti pun menyoroti hal itu. Ia ingin pemain asuhannya yang kini bermain di Timnas Indonesia U-16 bisa terus konsisten hingga level senior.

Untuk itu, Bima dan tim pelatih Timnas Indonesia U-16 memiliki tanggung jawab khusus untuk memberikan edukasi kepada Nabil Asyura dan kolega. Bahkan edukasi yang tidak ada kaitannya dengan sepak bola pun diberikan.

"Saya pikir ini pembelajaran kepada semua pemain. Oleh sebab itu kami sebagai tim pelatih mengedukasi mereka, artinya memberi ilmu kepada mereka," ujar Bima.

"Bukan hanya di sepak bola tapi edukasi di luar lapangan. Agar mereka bisa belajar," jelasnya.

 

3 dari 5 halaman

Disiplin

Ada aturan menarik yang diterapkan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 saat ini. Ia hanya menghendaki para pemainnya memainkan handphone selama empat jam dalam sehari.

"Oleh sebab itu penggunaan HP kita batasi, menjaga disiplin," katanya.

Disiplin pun diterapkan dalam hal lain. Misalnya dalam hal beribadah. Bagi pemain yang beragama Islam selalu didorong untuk melakukan sholat berjamaah bersama-sama. Pemain dengan agama lain pun difasilitasi.

"Beribadah bareng, lima waktu ke masjid, yang ke gereja juga ke gereja, ada jug yang ke pura. Jangan cepet puas, jangan sombong," pesan Bima.

 

4 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan

Rabu, 3 Agustus 2022

  • Filipina 0-5 Vietnam

(Phan Tnah Duc Thien 38', 55, Le Dinh Long Vu 43', Hoang Cong Hau 57', 72')

  • Singapura 0-9 Timnas Indonesia U-16

(Nablil Asyura 3', 18', 30', Hanif Ramadhan 20', Kafiatur Rizky 35', 43', Riski Afrisal 59', Waliy Marifat 79', I Koman Ananta Krisna 90+1')

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Grup A

Sabtu, 6 Agustus 2022

  • Singapura Vs Filipina

Venue: Stadion Sultan Agung, Bantul

  • Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam

Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman

Video Populer

Foto Populer